Cara Menggunakan Miracast Connection Pada Toyota All New Kijang Innova

Friday, April 29, 2016
Yaris Heykers
Siapa yang tidak kenal Toyota Kijang? jawabannya pasti sedikit sekali orang yang tidak tahu mobil legendaris dari Toyota tersebut. Toyota Kijang adalah mobil asli produksi dari Toyota Indonesia, resmi mulai di produksi sejak tahun 1977, hingga saat ini Kijang sudah hadir dalam 6 generasi.

Toyota Kijang mulai menggunakan nama Innova sejak generasi ke 5 yang dimulai diproduksi tahun 2004, generasi pertama Toyota Kijang Innova ini terbilang cukup lama yaitu hingga tahun 2015. Pada bulan November 2015 generasi ke-2 Kijang Innova resmi di luncurkan oleh Toyota Astra Motor dengan mengusung tema 'The Legend Reborn'.

Berbeda dengan generasi pertama untuk generasi ke-2 ini Kijang Innova memiliki 3 tipe saja yaitu Kijang Innova Q sebagai tipe baru sekaligus menjadi tipe tertinggi, Kijang Innova V menjadi tipe tengah dan G menjadi tipe paling bawah. Semua tipe masih tetap hadir dalam 2 pilihan mesin yaitu Diesel dan Gasoline.


Dari sisi interior pada Audio system All New Kijang Innova juga mengalami perubahan dengan berbagai fitur baru yaitu Miracast Connection. Namun fitur ini hanya ada pada Toyota Kijang Innova tipe Q dan V saja. Miracast sendiri adalah standar peer-to-peer screencasting nirkabel dibentuk melalui koneksi Wi-Fi Direct dengan cara yang mirip dengan Bluetooth . Hal ini memungkinkan pengiriman nirkabel audio dan video ke atau dari desktop , tablet , ponsel , dan perangkat lainnya.

Bagi Sobat yang ingin menggunakan fitur Miracast dengan Smartphone ada 3 cara, untuk masing-masing tipe All New Kijang Innova caranya juga berbeda. Silakan Sobat ikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

Tiga Cara menggunakan Miracast Connection Kijang Innova tipe Q

  1. Turn On Miracast Audio : Pilih Daftar semua Menu pada layar home > Cari dan pilih menu Miracast > Nyalakan fungsi Wi-Fi dengan memilih buble Wi-Fi Setting > Pada menu Setting Wi-Fi pilih dan nyalakan Start Miracast dengan menyentuh bumbble paling kanan menjadi merah > sentuh tombol Back dan kembali ke Miracast.
  2. Turn On Screen Mirroring Smartphone : Pilih menus Setting di handphone > Pilih dan katifkan Screen Minoring > Pilih Scan dan tunggu hingga muncul Car Multimedia > Pilih Car Multimedia dan akan muncul notifikasi loading connectiob
  3. Menggunakan Miracast: Muncul balon notifikasi koneksi Miracast ke smartphne, klik OK > Pilih Next dan Agree sampai 3 kali > Miracast terkoneksi dan layar smartphone akan tampil persis di audio > putar Musik, Video atau gambar.


Tiga Cara menggunakan Miracast Connection Kijang Innova tipe V
  1. Turn On Miracast Audio: Pada tampilan home pilih menu Miracast > Notifikasi audio secara otomatis mengaktifkan fungsi Wi-Fi > Layar standby "Searching for Peers" smartphone yang akan dikoneksikan
  2. Turn On Screen Miroring Smartphone : Pilih menu Setting di handphone > Pilih dan aktifkan Screen Mirroring > Pilih Scan dan tunggu hingga muncul Android_3326 > Pilih Android_326 dan akan muncul notifikasi loading connection
  3. Menggunakan Miracast : Pada layar Audio setelah koneksi smartphone terhubung, muncul notifikasi Invitation to connect, pilih Accept > Miracsat terkoneksi dan layar smartphone akan tampil persisi di audio > putar Musik, Video atau gambar.
Berikut ini adalah daftar Smartphone yang dapat menggunakan fitur Miracast pada Toyota All New Kijang Innova tipe Q dan V. 

Merek Nama Model Cara Mengkases fungsi Miracast, Setting>Display>Wi-fi
Asus Padfone Infinity 8 Mirror Share
Pengaturan>Tampilan>Wifi
Coolpad  YL-9960 Mirror Share
Pengaturan>Keluaran Mode
HTC New One, Butterfly

Sonny Electronics Inc Xperia AX, Xperia TL, Xperia ZL, Xpreia TX, Xperia T, Mirroring Xperia V, Xpreia Z Pengaturan>Tampilan>Layar
Samsung Galaxy S3, Galaxy Note 2, Galaxy Tab 10.1, Galaxy S4 Cast (Version 4.1.2) Pengaturna>Lainnya>Nehare

Google Inc. Nexus 4 Pengaturan>Tampilan>Tampilan nirkabel
LG Electronik Inc.  Optimus G, F2000L/S/K(Vu2) 240K(Gpro) Pengaturan>Lainnya>Miracast
Oppo TD, X909 Settings>Display>Wifi Mirror Share
Pantech IM-A860K/S/L Pengaturan>Tampilan>Wifi Mirror Share
Sharp SH-10D, SH-02E, SH-04E, SH-09D, SH-10D, 203SH Pengaturan>Keluaran Nirkabel
Xiaomi MI-2,MI-2A,MI-2S Tampilan Wizard
Pengaturan>Menu>Wan Tampilan

Selain menggunakan Miracast untuk menghubungkan smartphone ke audio unit Toyota Kijang Innova juga dapat menggunakan fitur HDMI bedanya untuk dapat menggunakan fitur ini diperlukan perangkat kabel HDMI yang sudah ada pada paket pembelian. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like