Menghubungkan Internet Connection/ Web Browser dari Smartphone ke Audio Toyota Kijang Innova

Friday, April 29, 2016
Yaris Heykers
Teknologi yang di sematkan pada Audio system mobil kini semakin canggih dengan berbagai fitur menarik. Namun biasanya untuk audio sistem ini hanya ada pada mobil dari kelas tengah atau tertinggi, salah satu contohnya adalah pada Toyota All New Kijang Innova tipe Q dan V.

Kijang Innova terbaru atau 2015 sudah dilengkapi dengan fitur Internet Connection pada audio sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet. Untuk dapat menggunakan internet di Audio Kijang Innova tentunya membutuhkan perangkat Smartphone yang sudah memiliki paket data internet.

Dengan terkoneksi internet maka Audio juga dapat digunakan untuk menjalankan fitur DLNA. Fitur DLNA ini juga ada pada Kijang Innova tpe V dan Q. Pengertian dari DLNA (Digital Living Network Alliance) adalah salah satu fitur yang memungkinkan untuk mengakses file multimedia yang tersimpan di satu perangkat melalui perangkat lain tanpa sambungan kabel.


Jika Sobat kebetulan memiliki Toyota Kijang Innova tipe Q dan V, berikut ini penjelasan lengkap cara menghubungkan koneksi internet dan DLNA Toyota Kijang Innova tipe Q, untuk tipe V akan Saya bahas pada tutorial berikutnya.

Cara menghubungkan Internet Connection/ Web Browser (Kijang Innova tipe Q)
  1. Turn On Hotspot Smartphone : Pilih menu Setting di smartphone > Pilh dan nyalakan Mobile Hotspot.
  2. Turn On Wi-fi Audio : Pilih menu Setting di layar home audio > Scroll dan pilih menu Wifi > Aktifkan Wifi dari OFF ke ON dengan slide ke kanan > muncul jaringan Internet Hotspot tersedia, pilih jaringan hotspot smartphone yang sudah dinyalakan > input password apabila ada > smartphone dan audio terkoneksi.
  3. Download dan Buka EZ-DMS App : Download aplikasi EZ-DMS pada play store atau Apps Store di smartphone > buka aplikasi EZ-DMS > layar standby di EZ-DMS.


  1. Menggunakan DLNA : Pada layar home pilih menu DLNA > audio mencari smartphone yang sudah terhubung hingga muncul nama smartphone (contoh: samsung 3456) > Tersedia menu folder Photo, Music, Video > DLNA berhasil.

Jika koneksi internet pada Audio unit Toyota Kijang Innova sudah terhubung, maka Sobat dapat menggunakan fitur DLNA, yaitu memutar apa saja baik itu film, MP3, MP4 yang terdapat pada Smartphone ke Audio system Kijang Innova tipe Q.

Cara menghubungkan DLNA Mplayer (Kijang Innova tipe Q).
  1. Turn On Audio Hotspot : Pilih menu Setting di layar home audio > Pilih Wi-Fi > pilih dan nyalakan Wifi Hotspot dengan menyentuh bubble menjadi merah 
  2. Turn On Wi-Fi Smartphone : Pilih menu Setting di handphone > Pilih dan nyalakan Wifi Connection > koneksi dengan Car Multimedia > HP dan Audio Berhasil Terhubung
  3. Download dan Buka EZ-DMS App : Download aplikasi EZ_DMS pada Play Store atau Apps Store di handphone > buka aplikasi EZ-DMS > layar standby di EZ-DMS
  4. Menggunakan DLNA Tipe Q : Pilih menu Daftar semua menu di Home > Cari dan pilih menu DMPPlayer > pilih smartphone yang terhubung dengan menu (contoh: samsung 3456) > Tersedia menu folder Photo, Music, Video dan DLNA berhasil. 
Silakan Sobat ikuti petunjuk step by step sesuai dengan petunjuk pada tutorial di atas, jika masih gagal silakan Sobat sampaikan di dalam kolom komentar.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like