Cara Menggunakan WhatsApp di PC atau Laptop

Monday, April 25, 2016
Yaris Heykers
Apa aplikasi chatting terbaik yang ada saat ini? maka Saya akan menjawab Whatsapp. Aplikasi chat ini berfungsi sebagaimana mestinya fungsi chat yaitu berkomunikasi dalam bentuk tulisan atau mengirim pesan gambar dan untuk telepon. Bandingkan dengan aplikasi lain seperti BBM, LINE dimana ada fitur tambahan seperti update status,permainan dan banyak lainnya. 

Ada banyak alasan kenapa Saya merekomendasikan Whatsapp sebagai aplikasi chat terbaik. Sejak di akuisisi oleh Facebook aplikasi ini tidak lagi berbayar alias gratis, pengguna tidak lagi diperlukan membayar 1 $ setiap setahun sekali. Paling penting adalah Whatsapp sampai saat ini belum terdapat iklan, meskipun ke depannya tetap akan ada iklan.

Karena sangat jauh dari berbagai fitur yang tidak perlu dalam sebuah aplikasi chat maka WhatsApp banyak dimintai oleh mereka dari golongan usia lebih dewasa dengan rentang waktu usia antara 35 - 44 tahun. Di Indonesia sendiri, Whatsapp masih menjadi yang paling populer dengan meraup 34 persen dari total pengguna, disusul Facebook Messenger sebanyak 28 persen, WeChat 18 persen, Skype 18 persen, dan Line 16 persen.


Salah satu fitur yang juga ditawarkan oleh WhatsApp adalah kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini di PC atau Laptop. Tidak seperti aplikasi lain yang membutuhkan emulator atau aplikasi tambahan untuk WhatsApp sama sekali tidak membutuhkan aplikasi tambahan, cukup dengan menggunakan browser Google Chrome saja. Bagaimana caranya simak penjelasan lengkapnya.

Silakan buka aplikasi Whatsapp Sobat lihat di menu home pada ponsel apakah sudah tersedia menu WhatsApp Web, jika sudah artinya Sobat tidak perlu memperbaharui ke versi terbaru. Lihat gambr di bawah ini untuk lebih jelasnya. 
Silakan Sobat kunjungi langsung situs resmi WhatsApp Web atau buka dengan browser Google Chrome di alamat https://web.whatsapp.com , tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini. 


Siapkan Ponsel Sobat kemudian tekan menu WhatsApp Web, dekatkan ponsel ke layar PC atau Laptop. Pada kolom scan kode (Pindai kode) di ponsel akan muncul pemindai warna hijau dekatkan tepat pada Kode (kotak merah). Jika proses berhasil atau sudah terhubung maka tampilan Whatsapp di PC akan sama dengan tampilan di ponsel. Jika proses gagal silakan refresh browser Google Chrome terlebih dahulu lakukan kembali proses yang sama hingga berhasil. Cara ini sama seperti Add (menambah teman) dengan pemindai kode di BBM. 


Proses selesai dan aplikasi WhatsApp sudah tampil di PC atau Laptop. Jenis ponsel yang dapat mendukung aplikasi WhatsApp di web adalah Android, iPhone, Windows Phone, BlackBerry, BlackBerry 10 dan Nokia S60. Kekurangan dari aplikasi WahtsApp Web adalah belum tersedia menu Tambah Teman, jadi menambah teman harus dilakukan melalui ponsel dan aplikasi WhatsApp di website tidak akan berjalan selama ponsel mati dan tidak terdapat koneksi internet dan pastikan juga PC atau Laptop juga terhubung dengan koneksi internet.

Cara menggunakan aplikasi WhatsApp di PC atau Laptop ini sangat mudah, Silakan Sobat coba jika masih belum berhasil silakan sampaikan di kolom komentar. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like