Cara Custom Domain Blogspot ke Domain TLD Dari Rumahweb.com

Saturday, March 26, 2016
Yaris Heykers
Tutorial pertama dalam artikel blog baru Saya ini sengaja saya pilih sesuai dengan judul postingan ini yaitu cara custom domain blogspot ke domain TLD dari penyedia domain rumahweb.com. Blog yang saya gunakan ini menggunakan domain TLD (Top Level Domain) lebih tepatnya rTLD (regional Top Level Domain) namun menggunakan hosting Blogspot.

Sebelum melanjutkan ke bahasan utama akan Saya jelaskan terlebih dahulu mengenai boleh dan tidaknya mengcustom blogspot ke domain TLD, jawabannya tentu saja boleh karena Blogspot menyediakan fitur tersebut maka otomatis fitur ini di perbolehkan.

Pertanyaan berikutnya apakah berpengaruh pada SEO Blog? kalau Saya pribadi mengatakan tidak ada pengaruhnya sama sekali, kecuali jika custom domain di lakukan pada saat blog sudah terindek oleh mensin pencari Google maka akan butuh waktu untuk mengindek ulang dan akan berpengaruh pada SEO. Jadi sangat di sarankan jika ingin mengcustom blogspot lakukan pada saat awal membuat blog.


Kekurang lainnya dari custom domain Blogspot adalah tidak tersedianya HTTPS untuk URL domain yang sudah tercustom. Seperti diketahui Blogspot baru saja memberikan fitur keamanan baru yaitu HTTPS untuk Blogspot, fitur ini memberikan proteksi bagi domain blogspot Sobat dari kemungkinan gangguan pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun demikian proteksi sedini mungkin blog Sobat agar tidak mendapatkan gangguan.

Mungkin diantara Sobat sekalian bertanya kenapa harus di penyedia domain Rumah Web bukan penyedia jasa domain lainnya? Jawabannya adalah karena Rumah Web lebih mudah dalam mengcustom domain bila di bandingkan dengan penyedia jasa domain lainnya. Saya sendiri menggunakan lebih dari 5 domain dari Rumah Web, semua domain tersebut juga Saya custom dari Blogspot. Rumah Web menyediakan satu hal penting yang dibutuhkan untuk custom domain yaitu Name Server, untuk proses custom sendiri berdasarkan pengalaman Saya hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit saja.

Sebelum melakukan custom domain TLD pastinya Sobat sudah memiliki domain yang sudah di beli di Rumah Web, jika belum silakan beli dengan mengunjungi situsnya langsung di alamat www.rumahweb.com. Lakukan pembelian domain pada jam kerja (09.00 - 17.00 WIB) karena prosesnya akan lebih cepat bila di bandingkan di luar jam kerja.

Domain TDL sudah siap, selanjutnya mari kita lakukan custom domain. Sepeti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya prosenya tidak butuh waktu lama dengan syarat semua langkah yang dilakukan benar. Khusus untuk domain yang Saya gunakan pada website ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit di karenakan ada proses yang salah yaitu ketika mengganti Name Server. Proses juga tidak mesti selesai dalam waktu 5 menit karena terkadang hosting Blogspot butuh waktu untuk mengenali Name Server baru dari custom domain yang Sobat lakukan.

Pengaturan di Blogspot. 
Lakukan pengaturan di Blogspot terlebih dahulu untuk mendapatkan kode name server Blogspot yang nantinya akan Kita pasang di name server Rumah Web. Caranya adalah pilih pada menu Pengaturan (Setting) di Blogspot Sobat, pada bagian pengaturan Basic cari menu Alamat Blog (Blog Addres).


Masukkan domain yang sudah di beli sebelumnya di bawah tulisan Setelan domain pihak ketiga seperti pada gambar di atas. masukkan nama domain dengan menambahkan www di depan nama domain. Selanjutnya silakan Sobat pilih menu Simpan atau Save. Sobat akan mendapatkan Name Server seperti pada kolom kotak yang Saya tandai pada gambar di bawah ini.


4 Name Server pada gambar di atas nantinya akan Kita gunakan atau pasang di Name Server yang sudah di sediakan di Rumah Web. Sampai di sini proses masih setengah jalan, lanjutkan ke pengaturan di Rumah Web.

Pengaturan di Rumah Web. 
Masuk atau log in ke clinetzone area rumah web http://clientzone.rumahweb.com/clientarea.php kemudian masukkan username dan pasword Sobat. Jika sudah kita lakukan pengaturan untuk name server terlebih dahulu dengan menekan pada tombol Update Nameserver.


Beri centang pada menu Gunakan nameserver lain (masukkan dibawah ini). Selanjutnya adalah isi name server pada Namesever 1 hingga Nameserver 4. Untuk isi masing-masing urutannya adalah pada gambar di bawah ini.


Kode name server adalah sebagai berikut silahkan langsung di copy dan pastekan pada kolom yang tersedia sesuai dengan urutan.

Posisi Nameserver
Nameserver 1 nsid1.rumahweb.com
Nameserver 2 nsid2.rumahweb.net
Nameserver 3 nsid3.rumahweb.biz
Nameserver 4  nsid4.rumahweb.org

Cek kembali sebelum menyimpan. Jika posisi dan nama sudah sesuai silakan tekan menu Update Nameservers yang ada di bawah. Changes Saved Successfully! artinya sukses namun jika muncul peringatan gagal lakukan sampai proses sukses. Selanjutnya kita lakukan proses setting untuk Managed DNS.

Pada domain silakan cek sebelah kiri pengaturan akan tersedia menu Managed DNS, klik saja sehinga akan muncul peringatan Domain Anda belum terdaftar di sistem DNS Kami, untuk memulai klik tombol "START", lakukan sesuai perintah klik saja tombol START.

Jika sudah sukses lakukan update pada menu Add New Record. Akan ada dua jenis Add New Record yaitu dari rumah web dan dari Blogspot. Langkah pertama kita buat dulu untuk rumah web. Tahap pertama ini Sobat akan membuat 4 tahapan New Record, setiap sekali proses harus di simpan dan lihat apakah sudah sukses atau belum, jika gagal ulangi prosesnya tiap tahapan.


Pada kolom Domain biarkan tetap kosong pada TTL biarkan tetap pada posisi angka 14400 dan pilih Recor Type dengan tipe A. Isikan satu persatu pada kolom IP or Host Name dengan kode yang tertera di bawah ini.

Step Domain TTL Record Type IP or Hostname
Step 1 - 14400 A 216.239.32.21
Step 2 - 14400 A 216.239.34.21
Step 3 - 14400 A 216.239.36.21
Step 4 - 14400 A 216.239.38.21

jika tahap di atas sudah selesai lakukan sekali lagi proses Add New Record namun dengan mengganti pada menu Domain, Record type dan Hostname. Untuk tahapan ini hanya dilakukan 2 kali saja. Hostname yang akan digunakan adalah dari Hoostname yang di dapat di pengaturan Blogspot sebelumnya.

Step Domain TTL Record Type IP or Hostname
Step 1 www 14400 CNAME ghs.google.com
Step 2 kode dari Blogspot 14400 CNAME kode dari Blogspot

Sama seperti tahapan pertama setiap 1 kali tahapan Add New Record harus disimpan terlebih dahulu hingga proses sukses. Kode dari blogspot yang dimaksud adalah seperti pada gambar di bawah ini yang diberi warna tebal hitam.


Jika semua tahapan sukses Sobat akan melihat pengaturan Add New Record seperti pada gambar dibawah ini. ada 6 jenis Add New Record. 



Sampai tahap ini proses sudah 90% selesai lakukan tahap akhir yaitu kembali ke pengaturan di Blogspot. Pada bagian akhir ada menu Simpan silakan Sobat klik tombol tersebut. Jika semua proses benar dan Cname sudah di terima oeh server Blogspot makan custom domain akan selesai.

Jika masih gagal lakukan proses Simpan atau Save setengah jam atau 1 jam berikutnya. Semua record sudah tersimpan meskipun sobat log out di Blogspot dan Login lagi 1 atau 2 jam kemudian maka tidak perlu melakukan proses dari awal.


Proses terakhir adalah lakukan setting pada menu Setelan domain pihka ketiga seperti pada gambar di atas dengan memberikan centan gpada kolo Alihkan cara.my.id ke www.cara.my.id (sesuai dengan yang Sobat miliki). kemudian tekan menu Simpan atau Save. Proses selesai, silakan sampaikan di kolom komentar jika ada permasalahan.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like