Cara Menggunakan Fitur Berbagi Lokasi Secara Real Time di Aplikasi WhatsApp

Friday, October 20, 2017
Yaris Heykers
Aplikasi WhatsApp baru saja merilis fitur terbaru yaitu berbagi lokasi secara real time. Fitur ini sebetulnya bukan termasuk paling baru karena aplikasi lainnya seperti Telegram sudah meluncurkan sebelumnya. Selain WhatsApp fitur ini juga akan hadir di Facebook dan juga Instagram.

Bagi sebagian orang fitur ini mungkin akan sedikit mengganggu kenyamanan. Sebagai contoh para pekerja marketing dimana akan dengan mudah di ketahui keberadaannya oleh si Supervisor, mereka tidak akan bisa berbohong.

Fitur berbagi lokasi di aplikasi WhatsApp sebelumnya memang sudah ada namun yang membedakan dengan fitur baru ini adalah real time dan juga akan memunculkan foto profil pemilik WhatsApp di beda lokasi keberadaan. Jika dibandingkan dengan fitur Lokasi biasa hanya akan menunjukkan lokasi atau tempat saja.

Untuk menggunakan fitur berbagi lokasi secara real time caranya juga sama dengan membagi fitur lokasi sebelumnya. Silakan klik salah satu kontak teman di WhatsApp atau bisa juga membuka chat grup jika ingin membagi ke Grup. Pada kolom isian pesan pada pojok kanan akan ada menu Lampiran atau attachment. Silakan pilih pada menu Lokasi. Jika ada tulisan GPS tidak aktif , silakan klik saja oke atau tutup aplikasi kemudian nyalakan fitur GPS yang di miliki oleh perangkat atau ponsel.


Silakan klik saja pada menu yang bertuliskan Bagikan lokasi terkini seperti pada gambar di atas, akurasi dari lokasi berjarak antara 8  hingga 16 meter seprti pada gambar diatas adalah 16 meter. Jika sudah di tekan maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini,


Ada 3 pilihan durasi waktu untuk menampilkan lokasi ini yaitu 15 menit, 1 jam dan 8 jam. Silakan tekan tombol segitiga atau send. Ada opsi lagi untuk memberikan keterangan tulisan jika di perlukan. Jika pilihan waktu sudah di pilih maka otomatis lokasi tidak akan bisa diakses lagi. Sebagai contoh jika Sobat menekan durasi 15 menit maka setelah lebih dari 15 menit maka lokasi tidak bisa diakses lagi. 

Perlu digaris bawahi di sini beda antara lokasi real time dengan lokasi biasa adalah ada gambar profil seperti pada gambar di atas. Untuk lokasi biasa atau bukan real time tidak ada durasi waktu jadi akan tetap bisa di akses lokasi yang dikirim. Silakan di coba jika ada pertanyaan siakan sampaikan dalam kolom komentar. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like