Cara Mengajukan Sengketa Pembayaran di PayPal

Wednesday, July 19, 2017
Yaris Heykers
Salah satu alat pembayaran internasional terbaik yang ada saat ini adalah PayPal. Ada dua alasan utama yaitu aman dan yang kedua adalah perlindungan terhadap pemilik rekening dalam hal transaksi yang merugikan. Jika di bandingkan dengan kartu kredit tingkat keamanan yang relatif beresiko juga tidak ada sama sekali perlindungan transaksi.

Perlindungan transaksi yang di maksudkan di sini adalah jika ada transaksi yang tidak sesuai dengan yang di janjikan atau di promosikan maka uang dapat di minta atau di kembalikan. Sebagai contoh saat membeli barang dari luar negeri ternyata ketika barang sampai tidak sesuai atau malah tidak pernah sampai di tangan kita maka uang yang sudah terlanjur di transfer bisa di kembalikan. Kelebihan ini yang tidak di miliki oleh sistem pembayaran lainnya.

Apa yang akan Saya bahas dalam artikel ini kebetulan juga permasalahan yang saya alami sendiri dimana pada saat melakukan pembayaran untuk berlangganan akun premium aplikasi sadap Theturthspy. Kebetulan Saya memiliki jasa pembayaran internasional, salah satu customer menggunakan jasa saya dimana kasusnya setelah pembayaran selesai akun sempat aktif selama 1 jam saja kemudian akun kembali expired.

Aplikasi ini memang memiliki kekurangan dimana customer service tidak pernah membalas pesan yang di kirim termasuk komplain masalah pembayaran. Dari ketiga email yang saya komplain tidak ada satupun yang di balas. Setelah menunggu lebih dari 2 minggu tidak ada itikad baik maka saya mengajukan sengketa pembayaran di PayPal.

Penting untuk di ketahui pembayaran dengan paypal yang mendapat perlindungan adalah jika melakukan pembayaran melalui fitur cek out langsung dari situs resmi tempat merchant menjual produk dan pengiriman pembayaran melalui Bayar barang atau Jasa. Jangan mengirim pembayaran melalui Kirim pembayaran kepada teman dan keluarga, karena tidak ada perlindungan. 


Setiap pembayaran melalui PayPal akan ada bukti transfer seperti pada gambar diatas. Silakan cari pembayaran yang bermasalah, silakan pilih saja pada menu Laporkan masalah seperti pada gambar diatas. 

Setelah masuk ke menu Alasan sengketa, ada 2 opsi yang bisa di pilih yaitu : Saya belum menerima barang dan Saya telah menerima barang saya, namun barang itu sangat berbeda dengan uraian. Misalnya: Barang rusak atau cacat, Kotak kosong, Sebagian pesanan hilang. Untuk kasus saya ini bisa di pilih Saya belum menerima barang. Akun aplikasi masih dalam keadaan tidak aktif atau expired. Silakan tekan menu Lanjutkan.

Anda akan memasuki menu pengiriman pesan. Silakan isi pesan sesuai dengan keterangan sejelas mungkin. Jika sudah silakan tekan menu Kirim. Silakan tunggu ada balasan tanggapan dari pemilik akun. 

Sengketa pada rekening PayPal adalah hal yang sangat serius. Bisa di pastikan pihak penerima dana akan menanggapi permasalahan ini. Jika pihak penerima dana atau penjual tidak menanggapi akan sangat beresiko terhadap rekening dimana bisa berakibat pemblokiran. 

Masing-masing pihak akan diminta menunjukkan bukti jika masalah tidak bisa di selesaikan oleh kedua pihak. Pihak PayPal yang nantinya akan menyelesaikan sengketa ini. Keputusan ini sepenuhnya ada di pihak PayPal jadi sebaiknya persiapkan data sebanyak mungkin. Untuk kasus saya cukup simpel karena pihak TheTurhSpy tinggal mengecek akun saja. Tidak butuh waktu lama, 10 menit setelah mengajukan sengketa segera di tanggapi dan akun sudah menjadi Valid. Untuk kasus pengiriman barang mungkin akan lama prosesnya apalagi jika lokasi barang sudah lintas negara. Setelah kasus selesai segera laporkan atau silakan klik pada menu permasalahan selesai. 

Belajar dari kasus ini kami merekomendasikan pembayaran internasional menggunakan rekening PayPal. Pada beberapa kasus seperti pembayaran aplikasi dengan kartu kredit terkadang ada auto debet, artinya setiap bulan akan selalu di potong meskipun tidak lagi berlangganan. Jika menggunakan rekening PayPal proses auto debet dapat di atur.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like