Cara Menggunakan Fitur Pada Aplikasi Izkid

Tuesday, June 20, 2017
Yaris Heykers
Kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan fitur yang ada pada aplikasi izkid. Fitur yang di maksud di sini adalah penggunaan surronding atau merekam suara sekitar dan fitur take a picture atau memotret menggunakan kamera depan maupun kamera belakang. Salah satu fitur yang juga akan kami jelaskan adalah cara mengaktifkan GPS, WiFi dan koneksi atau Mobile data network.

Semua fitur ini ada pada menu yang di sebut dengan Device control . Menu ini ada di sebelah kiri layar pada saat log in ke aplikasi izkid dengan ponsel maupun dengan PC. Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada gambar di bawah ini. Untuk memudahkan silakan klik saja pada link berikut ini agar otomatis langsung menuju ke menu yang di maksud : http://www.izkid.com/demo/#/directcontrol (lihat pada gambar nomor 1).

Ada 3 menu utama yang akan kami bahas yaitu SurroundingRecorder, Take a picture dan Device Settings. Masing-masing sudah ada pada gambar di atas.

#Surrounding Record
Sesuai dengan namanya fitur ini berfungsi untuk melakukan perekaman suara sekitar ponsel. Suara apa saja bisa suara percakapan, pada intinya setiap bunyi yang di hasilkan di sekitar ponsel akan di rekam di sini. Ada dua jenis disini yaitu how many seconds? dan Record every at time

How many seconds? artinya manual (gambar nomor 2), saat butuh merekam suara sekitar maka menggunakan fitur ini. Caranya silakan masukkan berapa detik rekaman yang ingin di hasilkan. Satuan yang di gunakan detik jadi jika ingin merekam 5 menit berarti memasukkan 60 x 5 = 300. Ketik saja angka 300. Jika angaka sudah di masukkan silakan klik pada menu yang bertuliskan Record

Record every at time (gambar nomor 3) bisa di katakan otomatis. Dapat di atur sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Waktu disini merujuk pada jam tertentu. Bisa merekam otomatis pada jam 07:00 , jam 10:00 , jam 14:00, jam 18:00 dan lainnya. 

Sebagai contoh ketika Anda mengetik 01:00 (120); 13: 00 (180) artinya aplikasi akan merekam otomatis setiap hari pada pukul 01:00 dengan durasi 2 menit dan pukul 13.00 dengan durasi 3 menit. Ingat satuan yang digunakan di sini adalah detik jadi menit harus di konversi terlebih dahulu menjadi detik. Jika angka sudah di masukkan silakan tekan menu Apply. Jika ingin berhenti silakan klik Stop

Hasil dari Surrounding Record dapat di lihat di menu Rec. Surrounding pada menu sebelah kiri atau diatas menu Device control, lihat pada gambar di atas. Jika rekaman belum muncul silakan di tunggu, semakin besar kapasitas akan semakin lama juga untuk di upload ke server. 

#Take a picture
Fitur ini berfungsi untuk mengambil gambar secara sembunyi menggunakan kamera depan maupun kamera belakang. Perhatikan tulisan merah yang berbunyi : Caution: On some phones, there is a loud click sounds when you take a picture. Please test it before using. Artinya di sini adalah beberapa jenis ponsel akan menimbulkan suara (suara memotret) pada saat menggunakan fitur ini. Sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu.

Jika ingin menggunakan kamera depan silakan tekan pada menu Shot front sebaliknya jika ingin menggunakan kamera belakang silakan tekan Shot rear. Gambar hasil dari bidikan ini akan masuk ke menu Photos taken di atas menu Rec. Surrounding. Semua foto hasil screenshoot akan otomatis masuk ke menu ini. 

#Device Settings
Ada 3 fungsi pada menu ini, pada intinya untuk mengaktifkan 3 menu yaitu mobile data network atau koneksi internet, koneksi Wifi dan GPS atau menu Lokasi. Jika ponsel target menu GPS tidak menyala dapat di kontrol menggunakan fitur ini. Caranya silakan geser pada posisi ON atau menjadi warna hijau. 

Berdasarkan uji coba untuk mengaktifkan fitur ini butuh waktu lama dan terkadang tidak sukses. Silakan klik pada menu Restart app jika sudah silakan lakukan sekali lagi geser pada posisi ON sesuai dengan menu yang di inginkan. 

Sebelum menggunakan di HP target Kami sangat menyarankan ujicoba di ponsel sendiri dengan catatan ponsel yang digunakan sama atau minimal diatas ponsel target untuk OS Androidnya. Jika target menggunakan OS Android 5.0 maka ponsel Anda juga harus OS 5.0 atau di atasnya karena untuk aplikasi izkid ini tanpa perlu root khusus untuk OS Lolipo (OS 5.0) atau di atasnya. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like