Cara Melakukan Pembayaran Online Tanpa Rekening Bank

Monday, May 15, 2017
Yaris Heykers
Membeli barang atau jasa secara online saat ini sudah hal yang biasa. Sistem belanja ini cukup simpel hanya butuh ponsel dengan koneksi internet dan yang pasti harga yang di tawarkan juga hampir sama dengan belanja via offline. Meskipun demikian sebagian orang memang enggan berbelanja via online di sebabkan terkendala dalam hal pembayaran.

Seperti di ketahui sebagian besar toko online memang menggunakan jasa bank untuk transaksi belanja dan sebagian dari customer tidak memiliki rekening bank. Kendala ini yang menjadi salah satu penyebab kenapa orang enggan berbelanja secara online. 

Rekening bank sebagai media belanja sebetulnya bukan satu-satunya alat pembayaran dalam belanja online, ada banyak sistem pembayaran yang tidak banyak di ketahui oleh calon customer. Berikut ini Kami akan memberikan beberapa alternatif dalam melakukan belanja online tanpa memiliki rekening bank. 

Setor Tunai Tanpa Buku
Banyak customer yang tidak memahami sistem yang di miliki oleh bank ini. Setidak-tidaknya beberapa kasus pada salah satu toko online yang saya miliki. Sistem ini sebetulnya memudahkan bagi customer yang tidak memiliki rekening bank tapi dapat melakukan pembayaran.

Cara melakukan pembayaran setor tunai juga sangat mudah. Calon customer silakan datang ke bank terdekat, isi formulir setor tunai tanpa rekening. Silakan masukkan nomor rekening dan nama penerima. Selesai memberikan uang, bagian casir akan memberikan struk bukti transfer dan saat itu juga dana sudah masuk ke si pemilik toko online.

Perlu diketahui tidak semua bank memberikan layanan gratis setor tunai. Beberapa bank seperti BCA memberikan tarif atau biaya transfer sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Wesel Pos Instan
Layanan ini sudah cukup di kenal lama. Penerbit layanan ini adalah PT Pos Indonesia. Untuk mengirim uang via Wesel Pos customer silakan datang ke kantor pos terdekat. Silakan sampaikan kepada petugas untuk melakukan pembayaran Wesel Pos.

Berbeda dengan Setor Tunai Tanpa Buku, untuk wesel pos menggunakan data Kartu Tanpa Penduduk (KTP) jadi si pengirim pos mengirimkan uang kepada calon penerima uang dengan menggunakan dara KTP. Untuk penerima uang pada saat mengambil uang wajib memberikan foto copy KTP.

Wesel Pos dikenakan tarif dengan besaran tarif sesuai dengan jumlah nominal uang yang akan di bayarkan. Semakin besar nominal uang yang di kirim maka semakin besar pula tarif yang akan di kenakan. 

Dompetku Pengiriman Uang (Indosat)
Layanan ini di terbitkan oleh Indosat yang bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Untuk di pahami layanan Dompetku Pengiriman Uang (DPU) berbeda dengan layanan yang sudah ada sebelumnya yaitu Dompetku (uang elektronik). Perbedaan utamanya adalah untuk layanan ini adalah pengiriman uang cash to cash, mengirim uang tunai dan menerima juga tunai. 

Untuk dapat menggunakan layanan ini bagi customer pemilik nomor Indosat dapat mendatangi Alfamart terdekat untuk membuka rekening. Syaratnya juga mudah hanya menggunakan KTP saja dan mengisi formulir yang sudah di sediakan. Jika sudah memiliki rekening sudah dapat melakukan transaksi pengiriman maupun menerima uang. Bagi calon penerima uang tidak perlu memiliki rekening karena hanya di butuhkan kode angka saja beserta KTP untuk mengambil uang.

Dompetku Pengiriman Uang dari Indosat ini hampir mirip dengan Wesel Pos Instan bedanya untuk DPU di butuhkan kode tertentu untuk pengambilan uang dan hanya dapat di layani di Alfamart saja. Untuk toko lain saat ini sedang menyusul.

Tarif yang dikenakan untuk biaya pengiriman hampir sama dengan Wesel Pos, bedanya tarif ini sedikit lebih murah. Berbeda dengan Wesel Pos jam layanan juga bisa sampai pukul 21.00 dan di beberapa daerah mungkin bisa 24 jam.

Dari ketiga cara diatas yang pernah saya gunakan adalah Setor Tunai Tanpa Buku saja, baik mengirim maupun menerima. Untuk layanan lainnya hanya menerima uang saja dari customer. Untuk layanan Wesel Pos Instant relatif lebih susah karena harus menggunakan Foto copy KTP dan jam pengambilan uang juga terbatas. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like