Tips Aman Membeli Barang Secara Online

Tuesday, February 7, 2017
Yaris Heykers
Banyak keuntungan yang di dapat dalam membeli barang secara online, beberapa diantaranya adalah menghemat uang untuk ongkos pulang pergi. Tidak perlu repot-repot macet di jalan untuk yang ada di kota besar dan praktis karena barang akan di kirim ke rumah. 

Membeli barang atau jasa secara online bagi saya pribadi biasanya disebabkan karena ketersediaan barang yang susah di cari via off line. Atau alasan lainnya barang atau jasa yang Saya beli ini hanya dapat di beli secara online. Sebagai contoh adalah membeli hosting atau domain. Barangkali belum pernah ada atau bahkan tidak ada customer membeli hosting dan domain langsung ke perusahaan penyedia layanan tersebut. Semua sistem pembelian dan pemesanan di lakukan via online.

Ada banyak media yang digunakan sebagai sarana orang untuk berjualan online, melalui blog / website atau melalui situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter. Kelemahan dari sistem jual beli online via media sosial adalah kemudahan dalam memposting produk dan ini yang banyak di manfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk penipuan. 


Pada umumnya media sosial memang menjadi ladang empuk bagi toko online 'abal-abal'. Tanpa modal hanya membuat akun dan kuota internet saja mereka dapat dengan mudah menjalankan penipuan. Kita sebagai calon pembeli harus berhati-hati sebelum melakukan transaksi. Artikel ini akan membahas sedikit tips bagi Anda yang ingin membeli barang secara online.

Kenali Toko Online
Seperti penjelasan sebelumnya ada banyak media yang digunakan untuk sarana berjualan online. Jika toko online tersebut hanya menjual produk via media sosial maka wajib ekstra hati-hati. Jangan tertipu dengan tampilan foto profil penjual. Perlu di ketahui juga media sosial seperti Facebook juga sangat rentan untuk di bajak. 

Ada ciri khas mudah dikenali dari toko online / penipu via Facebook. Biasanya mereka akan menawarkan barang namun untuk kontak hanya tersedia BBM saja dan jenis BBM yang digunakan ini adalah BBM Android / iOS. Satu lagi poin yang perlu di ketahui biasanya mereka menawarkan barang dengan harga sangat murah dengan berbagai macam alasan. 

Bagaimana dengan toko online yang menjual barang via blog atau website. Penjual online via website juga tidak 100% adalah toko online jujur. Banyak website / toko online abal-abal. Mereka tidak melulu menyasar produk juga menyasar jasa. Sebagai contoh adalah Jasa Detektif dimana menjual aplikasi sadap jarak jauh. Karena minat yang tinggi dan harga yang cukup murah banyak pembeli aplikasi ini yang tertipu. 

Proses Transaksi
Setiap transaksi online salah satu media yang digunakan adalah via transfer bank. Bagian ini adalah kunci untuk mengetahui penjual online tersebut abal-abal atau terpercaya. 

Salah satu ciri penjual online abal-abal adalah setiap akan melakukan transaksi si calon korban ini diminta untuk mengisi data seperti nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon dan jumlah barang yang di pesan dengan alasan untuk menentukan ongkos kirim. Jika semua data diisi lengkap maka penjual akan memberikan jumlah nominal yang harus di bayarkan dan juga rekening untuk transfer. Jika Anda ragu sebaiknya berikan data alamat palsu. 

Ciri khas rekening yang digunakan oleh toko online 'abal-abal' ini adalah biasanya hanya satu rekening bank saja. Jika ada 2 rekening atau lebih biasanya menggunakan nama yang berbeda. Jarang penipu online memiliki rekening lebih dari 2 atau 3 dengan nama yang sama dan semua nomor rekening tersebut di beritahukan kepada customer. Untuk toko online dengan jumlah rekening lebih dari 3 dengan nama pemilik rekening sama kemungkinan besar toko online tersebut dapat dipercaya. 

Setelah nomor rekening di dapat silakan cek rekening tersebut dengan menggunakan search engine google atau lainnya. Bisanya toko online penipu sudah ada data basenya. Jika data base tidak muncul silakan cari via alamat situs toko online tersebut.

Tidak semua toko online jujur memiliki rekening lebih dari 1 ada juga hanya memiliki satu rekening saja. Pada intinya disini tidak ada jaminan jumlah rekening akan mempengaruhi betul tidaknya toko online tersebut jujur atau tidak jadi yang perlu di perhatikan adalah nama pemilik rekening dan harga barang yang di tawarkan masuk kategori wajar atau tidak. 

Ada baiknya sebelum melakukan transaksi tanyakan kepada teman atau saudara yang sudah terbiasa membeli produk atau jasa secara online. Atau silakan kontak Saya jika ingin membeli online, saya akan coba membantu mengenali toko tersebut benar atau tidak untuk menghindari penipuan. Tetap waspada dan Selamat berbelanja online. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like