Cara Menghapus Aplikasi Android

Wednesday, February 8, 2017
Yaris Heykers
Aplikasi Android ada dua jenis yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi yang di instal. Untuk aplikasi bawaan ini contohnya adalah Gmail, Youtube atau produk dari Google. Sementara aplikasi bukan bawaan adalah yang Kita instal baik melalui Play store atau download langsung dari situs resmi.

Pembahasan dalam artikel menitik beratkan pada aplikasi bukan bawaan dari Google namun aplikasi instal. Untuk aplikasi bawaan dari ponsel relatif lebih susah dan beresiko jika tidak terlalu paham. Sementara aplikasi download tidak akan beresiko terhadap ponsel Android.

Sebelum menghapus aplikasi di ponsel Android, perlu di ketahui dari mana aplikasi ini di dapat. Jika di dapat di Play Store cara menghapus ada 2 cara namun jika di instal di luar Play Store dan tidak terdapat di Play Store maka cuma ada 1 cara saja. Saya akan menjelaskan tahapan-tahapannya berikut ini.

Menghapus Aplikasi Android dari Play Store.
Silakan masuk ke akun Play Store. Jika sudah silakan pilih menu Aplikasi & game saya. Sampai tahap ini akan ada semua aplikasi yang sudah di download melalui Play Store. Silakan cari aplikasi yang ingin di hapus. 


Saya contoh kan adalah aplikasi Facebook. Jika sudah silakan klik saja pada menu COPOT PEMASANGAN seperti pada gambar di bawah ini.


Tunggu sebentar hingga semua proses selesai. Jika sudah maka aplikasi akan terhapus di ponsel Android. 

Ada beberapa tipe Aplikasi meskipun di instal resmi dari Play Store namun tidak dapat di hapus langsung dari Play Store. Pada saat akan di hapus tidak muncul menu COPOT PEMASANGAN akan tetapi muncul menu NONAKTIFKAN. Pada saat menu tersebut di klik maka akan muncul pemberitahuan "Aplikasi ini adalah adminstator perangkat dan harus dinonaktifkan sebelum mencopot pemasangannya."

Silakan buka menu Pengaturan di ponsel Android cari menu Pengaman lanjutkan ke menu Adminstrator perangkat.


Pada contoh ini saya gunakan aplikasi AirDroid. Silakan hilangkan tanda centang pada aplikasi yang ingin di hapus. Jika sudah silakan lanjutkan tahapan seperti di atas. Aplikasi sudah dapat di uninstal langsung dari Play Store.



Menghapus Aplikasi Android dari Pengaturan.
Aplikasi Android yang tidak tersedia di Play Store atau di instal langsung dari situs maka cara menghapusnya melalui pengaturan yang ada di ponsel Android. Pada contoh ini saya menggunakan ponsel Android tipe Samsung dengan OS KitKat. Untuk tipe lain relatif hampir sama.

Silakan masuk ke Pengaturan, pilih menu Manjer aplikasi. Silakan pilih aplikasi apa yang ingin di hapus. Contoh di bawah ini adalah aplikasi Facebook. Klik saja pada gambar logo Facebook.


Lanjutkan dengan menekan menu Hapus Instalan seperti pada gambar di bawah ini. Proses selesai. 


Jika menu Hapus instalan tidak muncul artinya aplikasi juga memiliki pengaturan administrator perangkat. Lakukan pengaturan seperti petunjuk diatas. Jika sudah silakan cari lagi aplikasi yang ingin di hapus maka menu Hps instalan akan muncul dengan sendirinya.


All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like