Solusi Koneksi Internet Dari WiFi Mati Saat Layar Ponsel Android Terkunci

Thursday, January 19, 2017
Yaris Heykers
Saya memiliki ponsel Android merek Lenovo, sedari awal membeli ponsel ini memang Saya pinjamkan ke teman yang kebetulan mengelola salah satu blog yang saya miliki, istilahnya kerja sama. Sedari awal membeli tidak pernah menggunakan ponsel ini, karena kebetulan ponsel ini sering bermasalah akhirnya ponsel ini di kembalikan dan saya ganti yang baru. Salah satu masalahnya adalah seringnya pesan itu tidak masuk pada saat kondisi ponsel dalam posisi stand by atau layar mati (terkunci). 

Koneksi internet yang saya gunakan di ponsel Lenovo saat ini adalah WiFi saja, tidak pernah saya hubungkan dengan koneksi internet bawaan dari kartu. 

Setelah saya otak atik ternyata permasalahannya adalah pada aplikasi bawaan dari ponsel Android Lenovo yaitu penghemat daya. Aplikasi bawaan ini namanya Lenovo Daya. Aplikasi jenis ini memang tidak semua di miliki oleh ponsel Android. Dua dari tiga ponsel Android yang Saya miliki bermerek Samsung tidak memiliki fitur bawaan ini.

Sesuai namanya aplikasi Lenovo Daya ini berfungsi untuk mengatur penggunaan baterai agar lebih hemat. Jika dalam posisi default atau settingan pabrik maka posisinya akan otomatis mematikan koneksi internet atau WiFi pada saat ponsel dalam keadaan terkunci. Koneksi internet atau WiFi akan kembali menyala saat ponsel dalam keadaan tidak terkunci (posisi on). Untuk mengatasi permasalahan ini silakan simak tutorial lengkapnya berikut ini. 

Langkah pertama silakan buka aplikasi yang bernama Lenovo Daya lihat seperti pada gambar di bawah ini. Untuk Android merek lainnya mungkin namanya beda tapi pada intinya cari saja aplikasi atau pengaturan di Power Saving Mode.


Pada pengaturan Lenovo Daya akan opsi yaitu Setel pengaturan dibawah ini untuk memperpanjang masa pakai baterai. Seperti pada gambar di bawah ini. Jika pada posisi pengaturan dari pabrik WLAN tidak akan menyala silakan klik hingga warna berubah menjadi biru yang artinya sudah dalam posisi On. Pastikan mode yang digunakan adalah mode custom. 


Langkah terakhir dan yang terpenting adalah silakan tekan podo huruf S yang ada di pojok kanan atas layar ponsel Lenovo. Kemudian cari pengaturan Putuskan jaringan setelah mengunci layar. Jika dalam kondisi menyala silakan geser atau ubah posisi menjadi Off.


Proses selesai. Silakan ponsel di uji coba caranya silakan tekan pada tombol kunci sehingga posisi layar terkunci. Kirim pesan pendek seperti BBM atau WhatsApp jika sudah terkirim artinya posisi WiFi sudah dalam keadaan hidup.

Perlu diketahui jika ponsel dalam keadaan WiFi menyala memang menguras baterai lebih cepat bila dibandingkan dalam posisi mati. Cara diatas hanya berlaku untuk ponsel merek Lenovo, untuk ponsel jenis lainnya kurang lebih sama. Selamat mencoba, jika ada pertanyaan sampaikan dalam kolom komentar.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like