Channel Youtube Tiba-tiba Hilang Begini Sousinya.

Tuesday, January 31, 2017
Yaris Heykers
Sekitar tahun 2012 akun Google Adsense yang Saya miliki di banned. Jenis akun ini adalah Non Hostet Full Aprove. Saya menggunakan akun Adsense lagi sejak 2 tahun lalu meminjam akun dari saudara atau istilahnya saudara yang membuat tapi saya yang menggunakan. Hal ini diperbolehkan oleh Google. Jenis akun Adsense yang Saya gunakan ini adalah non hosted tapi tidak full aprove karena memang hanya saya gunakan untuk Youtube saja. 

Selama menggunakan produk Googel praktis hanya itu saja masalahnya. Saya berusaha untuk mematuhi semua aturan dari Google. Namun demikian toh saya masih juga kecolongan karena salah satu akun channel Youtube terkena suspend atau penagguhan sekitar satu hari yang lalu. 

Subsciber channel memang tidak banyak hanya 300an. Jumlah video sekitar 30an dengan trafik yang tidak terlalu tinggi. Permasalahannya adalah video ini isinya adalah penjelasan tutorial sehingga lebih memudahkan pembaca blog Saya memahami maksud dari sebuah tutorial. Saya juga sering mengunakan video ini jika banyak pertanyaan yang masuk, praktis dan tidak perlu repot membaca. 

Chanel yang di suspend ini bukan akun utama. Tidak ada pemberitahuan di email untuk akun yang di suspend. Tiba-tiba Channel hilang saat masuk di Youtube. Untuk mempermudah saya tulis kembali aturan tang terkait dengan produk Google berikut ini.

Jika Anda mendapati pesan "Tidak Dapat Mengakses Produk Google" dan dinyatakan bahwa akses terhadap produk Google telah ditangguhkan, maka ada kemungkinan Anda sudah didapati oleh Google melanggar Persyaratan Layanan Google dan/atau Kebijakan salah satu produk Google.

Setiap produk memiliki masing-masing kebijakan dan apabila Google menemukan pelanggaran, maka Google dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
  • Menonaktifkan akun untuk dilakukan pemeriksaan
  • Menangguhkan penggunaan akun Google dari mengakses produk tertentu atau semua sistem akun Google
  • Menghentikan akun setiap saat atas alasan apa pun, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Jika Anda merasa bahwa adanya kesalahan dalam penangguhan akun, Anda dapat mengajukan banding melalui Tidak dapat mengakses produk Google agar Google dapat melakukan peninjauan kembali terhadap akun Anda. Keputusan yang ada adalah wewenang dari Google dan para pakar dalam forum tidak dapat mengubah keputusan tersebut.
Apa yang menyebabkan akun suatu produk dapat ditangguhkan?. Ada banyak penyebab yang dapat membuat penangguhan terhadap akun Anda. Berikut ini adalah hal umum yang biasa mengakibatkan penangguhan akun:
  • Pelanggaran hak kekayaan intelektual terhadap suatu produk atau ciptaan, misalnya menggunggah video yang mana sudah memiliki hak cipta.
  • Membagikan / melakukan jual-beli akun
  • Membagikan tautan yang berisi perangkat lunak berbahaya
  • Melanggar pedoman komunitas, misalnya membagikan tautan dalam jumlah yang banyak dan dapat dikategorikan sebagai SPAM.
  • Membuat konten yang melanggar ketentuan penggunaan, misalnya bernuansa vulgar, menyebarkan kebencian, perjudian, dan lain-lain.

Jujur Saya hanya tahu beberapa item saja dari aturan yang ditetapkan oleh Google ini terkait video Youtube. Dari aturan di atas sudah dapat disimpulkan video mana yang melanggar aturan. Pada intinya jika ingin membuat video dan aman sebaiknya tidak melanggar ketentuan yang sudah di tetapkan oleh Google. Aturan ini tidak semua di tulis dalam bahasa sederhana tidak ada aturan pasti namun pada intinya Kita harus jeli untuk mengetahui video jenis apa yang berpotensi membahayakan.

SOLUSI.
Karena di tangguhkan maka satu-satunya solusi adalah meminta kepada pihak Google agar Channel kita dikembalikan atau normal. Mengirim permintaan melalui email. Namun sebelum itu akan saya jelaskan terlebih dahulu apa saja yang harus dipahami karena ini akan berbeda-beda kasusnya.

Untuk akun Youtube ada dua jenis yaitu akun utama dan akun kedua. Akun utama adalah akun Youtube sekaligus menjadi Channel dan akun ke-2 atau Channel yang dibuat dengan akun utama. Pada kasus yang Saya alami akun yang terkena suspend adalah akun ke-2, jadi Channel di akun utama masih tetap ada.

Karena akun kedua secara otomatis Saya masih dapat mengakses akun Youtube. Namun Channel yang di suspend ini akan hilang dengan sendirinya. Karena itu Kita harus memunculkan terlebih dahulu untuk mencari alamat email Google + dari akun tersebut. Tujuannya adalah untuk di lampirkan saat melakukan komplain. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Silakan Sobat buka link berikut ini https://myaccount.google.com/brandaccounts. Dari sini kita akan tahu akun mana yang di suspend seperti pada gambar dibawah ini. Klik pada bagian yang di suspend tersebut.

  2. Lanjutkan dengan menekan pada tombol LIHAT INFO AKUN UMUM

  3. Sobat akan diminta untuk masuk ke akun email Gmail. Persiapkan nomor telepon untuk verifikasi. Jika nomor yang digunakan tidak dapat digunakan untuk proses verifikasi silakan beli dahulu nomor telepon yang baru.


  4. Proses selesai sampai di sini akun Channel Youtube sudah muncul lagi namun status masih ditangguhkan. Untuk mengetahui alamat email Google+ akun yang di Suspend silakan klik pada BUKA PEMERIKSAAN PRIVASI temukan akun email channel tersebut.


     
  5. Silakan kirim email dengan mengunjungi link ini https://support.google.com/accounts/contact/suspended. Ada 3 kolom yang harus di isi pada kolom pertama dan kedua silakan isi sesuai dengan alamat email yang digunakan. Pada kolom ke-3 ini silakan isi pesan yang ingin di sampaikan. Gunakan bahasa yang baik bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. lampirkan akun email Goolge+ dati akun yang di suspend tersebut. Tunggu hingga ada jawaban dari pihak Google melalui email.
Jika semua proses ini selesai apakah akun pasti akan kembali, jawabannya adalah tidak pasti tergantung dari pihak Google sepenuhnya. Jika kesalahan ini bersifat fatal bisa jadi akun tidak akan kembali. Pada intinya yang terpenting kita sudah berusaha. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like