Cara Membuat Akun Paypal dan Memverifikasi

Wednesday, June 22, 2016
Yaris Heykers
Salah satu dari sekian banyak sistem pembayaran yang cukup di kenal adalah Paypal. Berbeda dengan bank yang dikenal dengan rekening untuk pembuatan PayPal dan proses transaksi cukup menggunakan akun email. Cara pembuatan akun paypal juga sangat simpel, cukup dengan email saja namun membuat akun Paypal tanpa memverifikasi juga sama saja karena tidak akan bisa di gunakan untuk transaksi.

Jika Sobat kebetulan belum pernah menggunakan PayPal mungkin ada pertanyaan, kenapa harus membuat PayPal, bagaimana cara bertransaksi dan lainnya. Sebelum membahas lebih detail maka saya akan membahas sedikit tentang PayPal. Perusahaan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik ini resmi didiriakan pada tahun 2000 oleh Peter Thiel dan Max Levchin. Perusahaan ini merupakan penggabungan 2 perusahaan yaitu Confinity dengan X.com. Pada tahun 2002 salah satu perusahaan besar yaitu Ebay resmi mengakuisisi PayPal dengan harga  USD 1,5 miliar. 


Untuk membuat akun PayPal silakan Sobat kunjungi situs resmi Paypal dengan alamat www.paypal.com, jika sudah masuk silakan pilih menu Sign Up yang ada pada bagian pojok kanan. Akan ada dua opsi setelah Sobat masuk ke Login yaitu Buy with PayPal dan Receive payments with PayPal. Perbedaan dari kedua akun ini adalah satu untuk akun pribadi atau belanja on line (Buy with PayPal) dan akun untuk pembayaran (Receive payments with PayPal). 


Saya sendiri menggunakan akun pertama atau Buy with PayPal karena hanya Saya gunakan untuk belanja saja. Tekan Get Started kemudian Sobat akan masuk ke menu Registrasi. isikan data yang sudah tertera yaitu Email address, Password dan Re-enter password dan masukkan kode angka dan huruf yang tertera. Kemudian silakan tekan menu Continue. Proses masih belum selesai, ada form yang harus di isi, datanya adalah sebagai berikut :


Silakan isi data sesuai dengan identitas yang dimiliki, bisa menggunakan KTP, Passport dan SIM. Isikan juga nomor identitas yang digunakan pada kolom Identification document. Jika semua data sudah lengkap dan benar silakan tekan menu Agreeand Create Account. Proses pendaftaran selesai silakan Sobat buka email yang digunakan untuk registrasi. Silakan buka email dari PayPal untuk mengaktifkan akun. 

Sampai tahap ini akun PayPal sudah jadi namun belum dapat digunakan karena butuh untuk memverifikasi akun agar dapat digunakan untuk belanja. Cara untuk memverifikasi dibutuhkan kartu kredit (credit card). Jika sobat tidak memiliki kartu kredit jangan khawatir karena banyak penyedia jasa verifikasi akun PayPal. Silakan Googling cari saja dengan kata kunci verifikasi akun Paypal.

Tarif verifikasi akun PayPal akan beragam, yang ada di pasaran saat ini harga berkisar Rp. 80.000 setahun. Untuk lebih detail mengenai proses verifikasi akan di jelaskan oleh penyedia jasa verifikasi, silakan Sobat ikuti saja petunjuk. Verifikasi ini di kenal dengan VCC atau Virtual Credit Card. Cara ini sebetulnya sah menurut PayPal namun sangat di sarankan untuk menggunakan Kartu Kredit dimana keunggulan kartu kredit adalah nama yang tercantum sesuai dengan identitas yang sudah di daftarkan. Berbeda dengan VCC dimana nama yang digunakan adalah fiktif jadi jika terjadi sesuatu pada akun PayPal akan kesulitan sendiri. 

Proses verifikasi selesai saatnya mengisi akun PayPal dengan Saldo. Untuk mengisi saldo PayPal silakan sobat cari jasa penyedia saldo Paypal. Silakan baca keterangan sejelas-jelasnya untuk menghindari penipuan. Akun untuk mengisi saldo PayPal cukup dengan akun email yang Sobat daftarkan sebelumnya. Jadi saat membeli Saldo PayPal maka untuk pengiriman saldo cukup dengan memberikan akun email yang sudah di daftarkan di PayPal. 

Belanja dengan PayPal.
Biasanya saya menggunakan PayPal untuk belanja domain dan hosting dari luar negeri. Alasannya karena bisanya banyak promo diskon domain senilai 1$ tiap tahunya pada event Black Friday. Selain banyak promo alasan lainnya lebih memilih membeli hosting luar negeri adalah pertimbangan harga yang lebih murah dan kuwalitas lebih bagus dari pada hosting dalam negeri. 

Biasanya saya membeli hosting di situs www.hawkhost.com dengan rincian harga untuk hosting dengan kapasitas 3 GB hanya seharga 24$ untuk tahun pertama dan tahun berikutnya senilai 39.80 $. Ada diskon bagi customer baru atau yang baru pertama kali melakukan pembelian. Diskon ini bisa di dapat dengan menambahkan kode kupon pada saat melakukan pembayaran. 

Hosting yang saya beli ini tidak hanya untuk keperluan pribadi saja, karena kebetulan saya juga membuka jasa pembayaran untuk pembelian hosting dari luar negeri. Jika Sobat kebetulan juga ingin membeli hosting dari luar negeri namun tidak paham cara membeli dan membayar bisa menghubungi Kami di salah satu nomor yang ada di menu Contact

Selain dapat digunakan untuk belanja domain, belanja barang juga dapat menggunakan PayPal. Bahkan sistem pembayaran utama untuk situs Ebay adalah dengan PayPal karena seperti pada penjelasan diatas saat ini PayPal sudah dimiliki oleh Ebay.

Demikian tutorial cara membuat akun PayPal dan juga memverifikasi serta mengisi saldo PayPal. Jika ada pertanyaan silakan Sobat sampaikan dalam kolom komentar untuk kita diskusikan bersama. 

Catatan :
Membuat akun PayPal memang sangat mudah karena itu ada peraturan yang ketat demi menjaga akun dari tindakan kejahatan. Karena itu setelah akun jadi tidak bisa serta merta dapat digunakan untuk bertransaksi. Hindari melakukan transaksi (beli) dengan akun PayPal setelah saldo terisi. Endapkan terlebih dahulu dalam kurun waktu 2 hingga 3 hari (lebih lama lebih baik) sebelum belanja. Penting juga untuk di ketahui jangan mengisi saldo dalam jumlah besar untuk akun baru. Jika ingin menaikkan saldo lakukan secara bertahap. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like