Cara Mendapatkan Uang (Dolar) Dari Disqus

Friday, May 27, 2016
Yaris Heykers
Salah satu dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh situs komentar Disqus adalah dapat menghasilkan uang, fitur ini dikenal dengan Reveal Disqus. Hampir mirip dengan jasa iklan berbayar seperti Google Adsense dan lainnya, dikarenakan Disqus adalah situs komentar maka iklan yang akan muncul di website ada di bagian komentar, biasanya penempatannya diatas komentar Disqus.

Dari sisi sistem pembayaran untuk Reveal Disqus juga hampir mirip dengan Google Adsens dengan sistem Dollar dengan pembayaran via Rekening Bank, Cek namun sampai saat ini belum support sistem pembayaran Western Union. Satuan terkecil uang yang dapat diambil atau dicairkan adalah 100$ sama dengan satuan terkecil dari Google Adsense.

Berapa besaran pendapatan dari Reveal Disqus, bagaimana cara memasangnya? silakan simak tutorial lengkapnya berikut ini. 

Saat ini jumlah Blog yang saya pasang Reveal Disqus hanya satu dengan jumlah Pages View dalam satu hari mencapai 30.000, jenis blog yang saya pasang ini bertema Android. Ada satu blog yang coba saya pasang namun tidak di approve, jumlah visitor dari Blog ini dalam hari memang sedikit hanya berkisar 8.000 Pages View, apakah karena alasan trafik Saya sendiri juga tidak begitu paham.

Ada dua jenis iklan pada Disqus yaitu Sponsored Story dan Sponsored Links bedanya untuk Sponsored Links  iklan akan muncul tepat di atas komentar Disqus disertai dengan gambar. Sedangkan Sponsored Story iklan akan muncul di sela-sela komentar yang sudah ada. Saya sendiri menggunakan tipe Sponsored Links. Namun saat ini sepertinya pemasangan Disqus masih dihentikan untuk sementara. Jika layanan sudah kembali dibuka dan Sobat ingin memasang iklan atau Reveal Disqus silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Silakan Sobat masuk ke akun Disqus, jika memiliki lebih dari satu blog dalam 1 moderasi silakan pilih jenis blog yang ingin digunakan untuk pemasangan iklan. Pada bagian kanan akan muncul menu bergambar dollar seperti pada gambar di bawah ini.


Ikuti saja sesuai dengan petunjuk yang tersedia. Jika permohonan iklan di setujui oleh pihak Disqus Sobat akan mendapat email yang berisi pemberitahuan bahwa Reveal Disqus sudah aktif. Jika sudah aktif tinggal melakukan pengaturan untuk sistem pengambilan pembayaran. Saya menggunakan transfer bank atau dalam istilah Google Adsense adalah Transfer Kawat.

Besaran Pendapatan Dari Iklan Disqus.
Sejak terakhir menggunakan Adsense sekitar tahun 2012 hingga hari ini berapa besar konversi nilai adsense Saya tidak begitu paham. Dahulu jenis Blog bahasa Inggris dengan page view sehari 50.000 sudah bisa menghasilkan sekitar 5 $. Saya sendiri terus terang belum pernah menggunakan Blog bahasa Indonesia untuk Adsense. Karena jenis Blog yang saya pasang iklan Disqus ini menggunakan bahasa Indonesia dengan pengujung total (Page View) perhari sekitar 30.000 jumlah uang yang Saya dapatkan dalam sebulan hanya mencapai 2 $ saja.

Agar dapat Payout (pembayaran) setiap bulan karena minimal uang yang dapat diambil adalah 100$ artinya jumlah visitor Blog dalam sehari harus mencapai minimal 1.500.000 Page View. Menurut Saya jumlah yang tidak sebanding dengan besaran iklan.

Sekali lagi angka ini apakah terlalu kecil atau lumayan besar Saya sendiri tidak tahu karena jenis Blog yang saya gunakan adalah bahasa Indonesia. Saat ini Saya juga memiliki akun Youtube yang juga terhubung dengan Adsense, dalam rentang waktu 6 bulan Saya sudah mendapat PO sebesar 100$ dengan jumlah video tidak sampai 100. Jika membandingkan dengan besarnya iklan Disqus menurut Saya relatif sangat kecil.

Jika kebetulan visitor Blog yang Sobat miliki sangat tinggi tidak ada salahnya menggunakan Reveal Disqus untuk menambah pendapatan dari Blog selain dari Google Adsens atau iklan berbayar lainnya. Sekian tutorial cara memasang iklan di Disqus, jika ada pertanyaan mari Kita diskusikan bersama di kolom komentar.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like