Cara Membuat Google BisnisKu Langsung Dari Ponsel Android

Monday, May 23, 2016
Yaris Heykers
Cara termudah dalam membuat Google BisnisKu adalah via Aplikasi Google Maps yang sudah tersedia di semua tipe ponsel atau Tablet Android karena dalam Smartphone sudah tersedia fitur Lokasi yang dapat mendeteksi alamat lengkap yang tertera di Google Maps. Jika kebetulan Sobat ingin membuat peta lokasi untuk bisnis yang Sobat sedang jalankan, silakan simak tutorial lengkapnya berikut ini. 

Cara ini sebetulnya sama saja dengan menggunakan Google Maps yang tertera di PC atau Komputer, bedanya hanya untuk Komputer tidak mendukung fitur Lokasi seperti halnya ponsel Android. jadi realtif lebih mudah untuk menentukan lokasi usaha dengan menggunakan fitur Lokasi (GPS) yang ada di Ponsel. 

Sebelum memulai Saya akan sedikit membahas apa itu Google BisnisKu, Kenapa penting membuat Google BisnisKu. Jika Sobat kebetulan sedang browsing menggunakan aplikasi Chrome di Ponsel atau PC dengan kata kuci tertentu biasanya akan mendapati sebuah peta atau Maps, peta ini yang berfungsi untuk memberikan informasi yang terdiri petunjuk jalan, alamat lengkap, informasi kontak, website, foto dan bidang usaha. 


Google BisnisKu yang tertera di mesin pencari Chrome tersebut pada intinya dibuat oleh orang lain atau dibuat oleh pemiliki usaha tersebut. Untuk tempat usaha seperti sekolah, ATM bahkan Cafe juga dapat dibuat orang lain. Namun demikian pemilik resmi dari usaha tersebut dapat mengklaim dengan cara yang cukup mudah. Penjelasannya dapat dilihat di artikel Cara Klaim Google BisnisKu. Fungsi dari klaim ini untuk memperbaharui, mengedit informasi seperti nomor telepon dan lainnya.

Cara untuk membuat Google BisnisKu langsung dari Ponsel Android langkah pertama silakan Sobat aktifkan terlebih dahulu fitur Lokasi / GPS di ponsel yang Sobat miliki, fungsinya adalah untuk menentukan lokasi tempat usaha yang ingin Sobat buat. Jika sudah silakan buka aplikasi Maps yang sudah terinstal di Android. 

Silakan klik menu garis tiga pada bagian kiri layar ponsel Android Sobat sehingga muncul menu seperti gambar dibawah ini. Cari dan klik menu Tambakan bisnis yang belum ada


Sobat akan masuk pada menu Tambakan tempat, isi data yang tertera sesuai dengan jenis usaha yang Sobat miliki. Pada menu Alamat, agar valid silakan Sobat berada tepat di lokasi usaha, kemudian tekan logo GPS seperti pada gambar dibawah ini, otomatis Maps akan mendeteksi keberadaan lokasi Sobat. Jika alamat yang tertera salah silakan Sobat gunakan cara manual dengan mengisi alamat lengkap. 

Pengisian data ini usahakan jelas dan detail termasuk di sertai gambar yang jelas. Brand nama toko atau papan logo usaha akan lebih memudahkan bagi Google untuk mendeteksi. Sobat dapat memasukkan gambar lebih dari satu, silakan masukkan gambar sebanyak mungkin misal jika Sobat membuka usaha cafe masukkan gambar tampak depan, bagian dalam cafe dan juga banner atau poster atau Light Box jika ada. 


Jika semua data sudah di isi dengan benar silakan Sobat klik menu tanda panah biru yang terdapat di sebelah kanan atas layar Smartphone Android. Tunggu hingga proses pembuatan Google BisnisKu di setujui oleh Google. Sobat akan mendapatkan pemberitahuan via email jika proses pembuatan Google BisnisKu sudah disetujui dan sedang dalam proses. 

Lama proses pembuatan Google Maps tergantung dari seberapa akurat informasi yang dibuat. Pada percobaan saya membuat Google BisnisKu untuk cafe yang kebetulan berada di sebelah rumah hingga saat ini belum di Aprove padahal sudah lebih dari 2 minggu, kemungkinan besar karena tidak ada informasi nomor telepon, jenis gambar juga minim dan tidak jelas, sehingga Google menganggap informasi yang Saya berikan tidak valid. 

Setelah semua proses disetujui silakan Sobat lakukan klaim sebagai pemilik resmi jika ingin menampilkan situs dan muncul di mesin pencari Google saat browsing. Untuk lebih jelasnya Sobat dapat membaca di artikel Membuat Google BisnisKu. Jika semua data benar, proses pembuatan Google BisnisKu dengan ponsel Android tidak akan mengalami kendala, namun jika Sobat mengalami kendala sampaikan di kolom komentar kita diskusikan bersama. Akhir kata selamat mencoba jika masih kesulitan simak pada video di bawah ini.



All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like