Cara Membuat Google BisnisKu (Google My Business) Bagian 2

Monday, May 9, 2016
Yaris Heykers
Pada tutorial sebelumnya Saya sudah menjelaskan bagaimana cara membuat Google BisnisKu, dalam tutorial tersebut Saya sudah menjelaskan mengenai cara membuat Google BisnisKu yaitu membuat baru, nah untuk tutorial kedua ini Saya akan menjelaskan mengenai cara membuat Google BisnisKu dengan cara mengklaim dari yang sudah ada. 

Sebelum memulai Saya akan sedikit menjelaskan mengenai Google BisnisKu. Fitur ini sudah umum dan sering dijumpai pada saat Kita mencari tempat atau lokasi seperti Cafe, restoran, bank, ATM dan lainnya dengan search engine Google Chrome atau menelusuri dengan Google Maps. Google BisnisKu secara otomatis akan ada di Google Maps. 

Setiap orang dapat membuat tempat baru atau bahkan mengedit tempat yang sudah ada di Google Maps. Entah itu pemilik tempat tersebut atau orang lain. Karena sebuah tempat (Google BisnisKu) sudah ada di Google Maps sedangkan tempat tersebut ternyata adalah milik Sobat maka bisa Sobat klaim. 


Sebagai contoh misalnya Saya mengontrak sebuah tempat yang dulu digunakan untuk usaha restoran (rumah makan) yang bernama Bakso Kebon, usaha tersebut sekarang tutup dan Saya mengontrak tersebut untuk usaha yang sama dengan nama yang berbeda, nama baru untuk usaha ini Saya beri nama Cowek Ireng. Jika dalam Maps nama Bakso Kebon sudah ada maka Saya bisa mengklaim tempat tersebut sebagai Google BisnisKu dan Saya ganti dengan nama baru. 


Contoh dari Google BisnisKu pada peta di atas yaitu Bakso Kebon adalah contoh dari Google BisnisKu yang sudah ada. Saat ini lokasi tersebut masih ada namun berubah kepemilikan dan jenis usaha, masih sama bidang restoran atau rumah makan berganti nama menjadi Cowek Ireng. Untuk mengklaim Cowek Ireng sebagai tempat usaha maka caranya sebagai berikut.

Silakan masuk ke Google Maps, cari Bakso Kebon, setelah ketemu silakan klik tepat pada nama atau simbol makanan, sehingga akan muncul menu lengkap atau detail mengenai usaha tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini. 


Langkah selanjutnya adalah silakan tekan menu Klaim bisnis ini (no. 2), Sobat akan di arahkan ke menu Konfirmasi bisnis. Silakan beri tanda centang pada kolom : 'Saya berwenang untuk mengelola bisnis ini dan saya menyetujui'. selanjutnya klik menu Lanjutkan

Sobat Akan di arahkan ke menu Google Bisnis sama seperti cara membuat Google BisnisKu baru seperti artikel sebelumnya. Silakan Sobat ini sesuai dengan identitas baru seperti nomor telepon, jam operasional restoran dan juga foto produk baru. Jika semua data sudah benar silakan lakukan verifikasi caranya sama seperti pada artikel sebelumnya. Akhir kata selamat mencoba, jika ada pertanyaan silakan sampaikan dalam kolom komentar.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like