Cara Memasang Disqus Ke Wordpress

Thursday, May 19, 2016
Yaris Heykers
Lebih mudah mana memasang Disqus ke dalam Blog berplatfrom Blogspot dengan Wordpress? Jika ada pertanyaan seperti ini maka Saya akan menjawab lebih mudah memasang di blog Wordpress, alasannya karena lebih simpel atau mudah yaitu cukup dengan menggunakan plug in saja. Untuk Blogpsot memang tidak membutuhkan plugin namun prosesnya lebih panjang dan butuh waktu untuk syncron jika jumlah komentar di blog sudah banyak, dalam proses ini biasanya banyak yang gagal karena memang dibutuhkan waktu. Untuk diketahui saat tulisan ini dimuat syncore komentar dari Blogspot ke Disqus juga masih belum aktif. 

Sebelum membahas lebih lanjut ke tutorial Saya akan sedikit membahas mengenai Disqus itu sendiri. Sebetulnya apa pentingnya Disqus sehingga harus dipasang ke Blog. Menurut Saya komentar Disqus memang lebih menarik dari segi tampilan, karena adanya platfrom gambar maka untuk Blog tutorial akan lebih baik dengan menggunakan Disqus untuk menyampaakan permasalahan terkait yang di bahas pada tutorial disertai dengan gambar. 

Disqus juga dapat digunakan sebagai backlink Blog karena situs komentar ini berdiri sendiri maka link sumber dari Disqus di anggap valid. Sumber backlink ini ada pada suggest artikel terkait yang ada di komentar akhir Disqus. Bagian penting lainnya dari Disqus adalah dapat menghasilkan uang dengan memasang iklan atau yang dikenal dengan Disqus Reveal


Bagi Sobat yang kebetulan menggunakan blog berplatform Wordpress dan ingin mengganti komentar bawaan dengan komentar Disqus silakan simak tutorial berikut ini. Simpel dan memang tidak butuh waktu lama. Untuk memasang ke Wordpress tentunya Sobat harus memiliki akun Disqus telebih dahulu, silakan Sobat registrasi dengan mengunjungi situs langsung di alamat : https://disqus.com/

Hal terpenting untuk di ketahui adalah akun email dan password yang digunakan untuk mendaftar Disqus harus diingat, jika perlu simpan di PC atau Komputer Sobat, karena untuk memasang Disqus ke Wordpress hanya butuh alamat email dan password saja. 

Jika proses registrasi sudah selesai silakan pilih platform pada menu pengaturan di Disqus dengan memilih Wordpress. Proses berikutnya silakan Sobat masuk akun Wordpress yang Sobat pilih menu Plug In kemudian cari di kolom search dengan kata kunci Disqus. Jika sudah ketemu silakan Sobat instal plug-in tersebut. 


Kembali ke menu Plug In silakan Sobat buka Disqus kemudian pilih Settings atau Pengaturan, kemudian Sobat akan diminta memasukkan alamat email dan password dan proses selesai, komentar Disqus sudah masuk ke dalam Wordpress. Biasanya semua komentar Wordpress sebelumnya akan otomatis masuk ke dalam Disqus, bagaimana jika tidak muncul? ikuti langkah -langkahnya berikut ini. 

Pada pengaturan atau Settings Disqus geser kurosor ke bawah temukan menu Save pada bagian menu Export dan Impor silakan klik pada menu Export comments to Disqus, proses ini akan meloading berapa banyak komentar yang ada pada Wordpress tunggu hingga semua selesai, jika sukses maka akan muncul menu centang. Untuk menu Sync Disqus with Worpress adalah mendownload semua komenta yang masuk ke Disqus akan otomatis masuk ke Worpress. Pada proses ini untuk Blogpsot saat ini masih belum aktif. 


Mengganti Akun Disqus Wordpress Lama Dengan Akun Baru.  
Karena alasan tertentu jika Sobat ingin mengganti akun Disqus yang digunakan pada Wordpress dengan akun Disqus baru maka caranya juga sangat simpel. Karena ingin mengganti dengan akun baru maka otomatis akun lama harus di hapus dulu, silakan Sobat baca dulu penjelasannya di artikel Cara Menghapus Komentar Disqus. Dalam artikel tersebut dijelaskan cara untuk menghapus akun Disqus di Blogspot namun cara ini juga dapat diterapkan di Blog Wordpress. 

Silakan Sobat buat akun Disqus yang baru setelah jadi masuk kembali ke Wordpress, pada bagian bawah menu Setttings, Sobat akan mendapati menu Reset Disqus, silakan tekan menu tersebut, jika sudah maka komentar di Wordpress Sobat kembali ke awal atau pengaturan bawaan Wordpress. 

Silakan masukkan kembali akun Disqus baru (masukkan email dan password) atau akun pengganti kemudian lakukan proses yang sama hingga sukses. Sampai tahap ini mungkin komentar di akun lama belum akan muncul, nah untuk memunculkan kembali lakukan proses Export comments to Disqus seperti penjelasan sebelumnya. Jika sudah maka otomatis komentar sudah akan muncul. 

Penting untuk diketahui, jika mengganti akun baru maka komentar yang sudah ada sebelumnya tidak akan muncul gambar profil sesuai dengan pengaturan. Gambar Profil Disqus baru akan muncul setelah Sobat melakukan komentar setelah pengaturan selesai. 

Silakan Sobat ikuti sesuai dengan tutorial di atas, jika semua proses diikuti sesuai dengan penjelasan maka tidak ada masalah, namun jika ada pertanyaan silakan Sobat sampaikan dalam komentar. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like