3 Cara Membeli Aplikasi Android Dengan Potongan Pulsa

Tuesday, May 10, 2016
Yaris Heykers
Seperti Sobat ketahui beberapa aplikasi, games atau layanan berbayar lainnya yang tersedia di Play Store ada yang gratis namun ada juga yang berbayar.  Karena berbayar maka ada metode atau cara tertentu dalam membeli aplikasi tersebut sesuai dengan negara yang berlaku. Dalam tutorial kali ini Saya akan menjelaskan bagaimana cara membeli aplikasi berbayar di Play Store dengan menggunakan potongan pulsa dari operator seluler di Indonesia (Penagihan operator langsung).

Sejak pertama kali di luncurkan metode pembelian aplikasi dengan potongan pulsa di Indonesia hanya operator Indosat saja yang mendukung, namun kini sudah ada 2 perusahaan operator yang mendukung sistem pembayaran ini yaitu XL dan Telkomsel. Operator seluler AXIS juga sudah mendukung namun karena AXIS adalah anak perusahaan XL maka sistem pembayaran saat ini hanya ada 3 operator saja.

Metode pembayaran yang diterima untuk Indonesia dalam pembelian aplikasi di Play Store saat ini hanya tersedia 2 cara  yaitu dengan kartu kredit / debet dan potongan pulsa langsung. Karena sistem pembayaran dengan kartu kredit atau debit saat ini tidak begitu familier untuk orang Indonesia maka cara mudahnya adalah dengan potongan pulsa langsung.


Pada tutorial sebelumnya Saya sudah membahas bagaimana cara membeli aplikasi di Play Store dengan kartu Indosat. Untuk operator seluler lainnya caranya relatif sama termasuk besaran nilai PPN dan biaya jasa. Karena Indosat baru saja meluncurkan layanan yang bernama Indosat Ooredoo maka untuk layanan pembelian Aplikasi Android dari Indosat ini bernama Google Carrier Billing Indosat Ooredoo, dari cara membeli tidak ada perbedaan dengan tutorial yang saya bahas sebelumnya, hanya berubah nama layanan saja. 

Untuk membeli aplikasi, game di Play Store dengan kartu Indosat, pengguna di wajibkan terlebih dahulu untuk melakukan registrasi dan aktivasi, namun untuk operator seluler lainnya tidak membutuhkan registrasi terlebih dahulu, proses registrasi akan dilakukan pada saat membeli aplikasi atau game. Cara registrasinya sebagai berikut. 

Membeli Aplikasi Android Dengan Pulsa Indosat.
Silakan masuk ke akun Play Store di Smartphone Android yang Sobat miliki, kemudian tekan menu My account. Lihat pada gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Proses berikutnya adalah mengisi identitas yaitu Nomor Handphone, Nama Lengkap dan Alamat, silakan isi sesuai dengan domisili Sobat. Usahakan sesuai dengan identitas / KTP yang masih berlaku.


Jika sudah selesai melakukan registrasi maka akan muncul metode pembayaran dengan Biling Indosat atau Indosat Ooredoo Billing seperti pada gambar dibawah ini (Enable Indosat biling).


Akun Play Store Indosat sudah di buat saatnya membeli aplikasi. Caranya pilih aplikasi atau game yang ingin di beli, Saya contohkan di sini adalah aplikasi Afterligh seharga Rp.12.000, silakan Sobat klik pada harga atau yang tombol yang berwarna hijau seperti pada gambar dibawah ini. 


Aplikasi yang akan di beli memerlukan akses ke akun Play Store (Google Play) yang Sobat miliki, tekan saja menu ACCEPT sepeti pada gambar dibawah ini.


Proses selanjutnya adalah silakan Sobat tekan menu BELI atau BUY seperti pada gambar di bawah ini. 

Silakan Sobat masukkan password akun Play Store yang Sobat miliki kemudian tekan menu CONFRIM

Jika pembelian sukses maka akan muncul tulisan Payment successfull dan pulsa Indosat yang Sobat miliki akan terpotong secara otomatis. 

Layanan Google Carrier Billing Indosat selain berlaku untuk pelanggan prabayar juga berlaku untuk pelanggan pascabayar ditagihkan dalam billing Matrix Ooredoo. Untuk besaran PPN yang dikenakan dengan layanan Google Carrier Billing ini adalah 10% dan ditambah dengan Bea Jasa.

Bagi Sobat yang ingin melakukan pembatalan pemebelian / mekanisme refund untuk layanan Google Carrier Billing ini cukup dengan dengan mengklik tombol refund selama batas waktu refund langsung dari aplikasi di Play Store. Batas waktu untuk dapat melakukan refund adalah 2 jam dari proses transaksi pembelian dan waktu untuk pengembalian pulsa pelanggan atas permintaan refund yang telah dilakukan 1x24 Jam.

Membeli Aplikasi Android Dengan Pulsa Telkomsel.
Nama layanan pembayaran kartu Telkomsel ini bernama Google Play Direct Carrier Billing Telkomsel atau Jajan Online. Sama seperti kartu Indosat layanan ini juga dapat digunakan untuk membeli berbagai item yang tersedia di Google Play Store handphone Android dengan menggunakan pulsa Telkomsel. Pembelian tersebut berlaku untuk pembelian Apps seperti Games atau Photo Editing App, dan juga pembelian in-App seperti Games Virtual Item. Selain itu, e-book yang tersedia di Google Play Store juga bisa kamu beli dengan menggunakan Pulsa Telkomsel.

Cara menggunakan layanan Google Play Direct Carrier Billing hampir sama dengan Indosat, bedanya di sini Sobat tidak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu pada saat pertama kali akan membeli aplikasi atau layanan berbayar lainnya. Registrasi dilakukan pada saat akan membeli aplikasi, setelah membeli aplikasi untuk pembelian berikutnya tidak perlu lagi memasukkan nama, alamat dan nomor handphone. 

besaran PPN yang dikenakan untuk pembelian aplikasi dengan Google Play Direct Carrier Billing adalah sebesar 10% ditambah biaya jasa sebesar 2%. 

Membeli Aplikasi Android Dengan Pulsa XL.
Untuk menggunakan layanan Google Carrier Billing XL dan AXIS caranya sama seperti menggunakan kartu Telkomsel dimana proses registrasi dilakukan pada saat melakukan pembelian aplikasi atau layanan berbayar lainnya di Play Store. Setelah pembelian pertama maka untuk pembelian berikutnya tidak lagi diperlukan registrasi atau aktifasi.

Berbeda dengan Indosat untuk batas waktu pembatalan pembelian (refun) dapat dilakukan dalam waktu maksimum 15 menit dari waktu pembelian. Apabila di luar dari 15 menit waktu pembelian, maka transaksi tidak bisa dibatalkan dan Proses Refund hanya bisa dilakukan satu kali untuk aplikasi yang sama.

Untuk semua tarif dari aplikasi konten yang di jual di Google Play dengan kartu XL dan AXIS adalah belum termasuk pajak & biaya service, dimana pajak pembelian akan mengacu sesuai ketentuan pemerintah dan akan di bebankan ke pembeli yaitu sebesar 10% & ditambahkan biaya jasa 2% dari harga aplikasi / Games, 

Silakan Sobat gunakan metode pembelian sesuai dengan operator seluler yang Sobat gunakan. Jika ada pertanyaan silakan sampaikan dalam kolom komentar.

Catatan :
Setiap pembelian semua aplikasi belum termasuk pajak dan biaya jasa dengan nilai yang sudah ditetapkan pemerintah adalah sebesar 10% PPN dan 2% Jasa. Jadi misalkan pembelian aplikasi dengan harga Rp.20.000 maka biaya yang akan di bebankan adalah ditambahkan dengan pajak 10%+ 2% biaya jasa sehingga menjadi Rp.22.400.

Untuk dapat membeli aplikasi pastikan jumlah Saldo mencukupi dan pastikan juga masa aktif kartu yang Sobat miliki juga tidak dalam masa tenggang. Jika Sobat menggunakan ponsel Android dengan 2 kartu maka pasang kartu di posisi slot SIM1. Restart ponsel Android jika proses gagal, lakukan kembali proses pembelian. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like