Cara Mudah Download Aplikasi di Android

Saturday, April 23, 2016
Yaris Heykers
Berdasarkan tulisan yang pernah Saya buat dalam Blog lainnya ada banyak kendala dalam mendownload aplikasi Android langsung dari Play Store. Jenis-jenis kesalahan ini di klasifikasikan sesuai dengan kode seperti  [RPC:S-7:AEC-0], [RPC: S-5:AEC-0] dan lainnya.

Meskipun secara pribadi Saya belum pernah mengalami sendiri masalah ini namun ada teman yang mengalami. Permasalahannya adalah waktu itu 1 akun Gmail di gunakan untuk login 2 aplikasi Play Store atau 2 ponsel Android. Karena kebetulan kawan Saya baru saja membeli 1 lagi ponsel Android.

Solusi yang Saya lakukan adalah dengan menghapus akun Gmail atau akun Play Store di handphone ke dua kemudian mengganti / membuat akun baru. Permasalah selesai. Namun saat artikel sudah saya share ternyata banyak komentar yang menyatakan masih tidak bisa download dari Play Store. 


Jika kebetulan Sobat juga masih gagal meskipun sudah mengganti akun Gmail dengan akun baru silakan Sobat simak  penjelasan artikel berikut ini. Ada 3 cara download aplikasi Play Store yang dapat di coba yaitu langsung download dengan menggunakan Google Chrome dan dengan download aplikasi di luar Play Store.


Menggunakan Google Chrome via PC
Gunakan PC / Komputer atau Laptop yang sudah terhubung koneksi internet, silakan login ke akun Gmail di browser Chrome Sobat kemudian ketik URL : https://play.google.com/store. Pastikan akun Gmail yang Sobat gunakan ini sesuai dengan akun Gmail yang digunakan pada Play Store di Android.


Pada kotak pencarian di Play Store versi Chrome PC / Laptop silakan Sobat cari aplikasi yang ingin di download. Sebagai contoh Saya coba instal aplikasi LINE Let's Get Rich. Tekan menu Pasang atau Instal seperti pada gambar di bawah ini (kolom warna hijau).


Setelah itu tunggu hingga di Android akan muncul dengan sendirinya proses download aplikasi yang sedang di unduh. Cara ini seperti meremote ponsel artinya perintah download di lakukan di luar ponsel Android namun via PC atau Laptop.

Menggunakan Google Chrome Langsung Dari Smartphone Android
Cara ini sama persis dengan menggunakan PC bedanya hanya langsung dengan menggunakan ponsel Android dengan mengakses Play Store via Google Chrome tidak langsung dari aplikasi Play Store. Perlu di ingat gunakan akun Gmail Play Store sama dengan akun Gmail di Aplikasi Play Store.


Download Langsung Aplikasi 
Cara ketiga ini sebetulnya seperti umunya cara download di PC atau Smartphone yaitu dengan mencari jenis aplikasi yang diinginkan di situs penyedia aplikasi gratis. Karena di download diluar Play Store maka ponsel harus dilakukan pengaturan terlebih dahulu caranya adalah saat selesai download aplikasi dan di instal maka secara otomatis ponsel akan mengarahkan ke menu pengaturan kemudian cari di menu Sumber Tidak di Ketahui beri centang pada kolom yang tersedia.

Setelah memberi centang pasti akan muncul sebuah pemberitahuan yang kira-kira bertuliskan seperti ini "Perangkat ini dapat membahayakan ponsel, tetap ingin melanjutkan", pembritahuan ini muncul karena proses download di lakukan di luar Play Store, abaikan saja dan instal aplikasi sampai proses selesai. Untuk memudahkan silakan simak pada penjelasan tutorial Cara Download Aplikasi Android.

Jika dengan ke-3 cara di atas masih tetap gagal, silakan Sobat sampaikan ke kolom komentar jenis aplikasi apa yang diinginkan berserta versinya. Saya akan coba carikan dan langsung Saya kirim ke email untuk memudahkan proses download. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like