Ingin Gunakan KakaoTalk di PC, Begini Caranya

Wednesday, April 27, 2016
Yaris Heykers
Aplikasi chat KakaoTalk sangat populer di Korea, maklum karena aplikasi ini memang berasal dari sana. Jumlah pengguna terbanyak kedua setelah Korea adalah Indonesia dengan 16 juta pengguna aktif KakaoTalk. Jumlah pengguna di Indonesia mengalami peningkatan lebih dari 3000% sejak meluncurkan iklan di bulan April 2013. 

Untuk skala global, KakaoTalk mengklaim telah memiliki lebih dari 120 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Tercatat ada sekitar 5,2 miliar pesan yang berlalu-lalang di layanan ini setiap harinya.

Selain dapat digunakan di ponsel aplikasi ini juga dapat digunakan di PC atau komputer. Berbeda dengan aplikasi WeChat dan WhatsApp yang tersedia versi Web untuk aplikasi KakaoTalk saat ini hanya tersedia versi aplikasi saja. Jadi untuk dapat menggunakan aplikasi KakaoTalk di komputer harus menginstal aplikasi terlebih dahulu. 


Meskipun harus menginstal aplikasi terlebih dahulu namun ada kelebihan yang dimiliki oleh KakaoTalk yaitu setelah menginstal aplikasi di PC cukup melakukan verifikasi sekali ke aplikasi KakaoTalk di ponsel. Untuk login berikutnya aplikasi KakaoTalk di ponsel sudah tidak lagi diperlukan. Cara ini berbeda dengan aplikasi chat lainnya dimana aplikasi di ponsel harus selalu dibutuhkan untuk verifikasi atau login. 

Sobat tertarik ingin menggunakan aplikasi KakaoTalk di komputer atau laptop, silakan simak tutorial lengkapnya berikut ini. 

Download Aplikasi KakaoTalk di Komputer
Pertama silakan Sobat download terlebih dahulu aplikasi KakaoTalk di PC, kunjungi langsung situs resmi KakaoTalk di http://www.kakao.com/talk. Geser kursor ke bawah temukan atau cari menu download aplikasi KakaoTalk di Windows atau di MAC OS X 10.8 Later. Pada contoh ini Saya meggunakan Windows 7.

Ukuran file KakaoTalk sebesar 29.3 MB. Jika proses download sudah selesai, instal seperti biasa dan tampilan aplikasi KakaoTalk di PC seperti pada gambar di bawah ini. 


Download Aplikasi KakaoTalk di Smartphone
Jika Sobat belum memiliki aplikasi KakaoTalk di ponsel silakan download terlebih dahulu. Ukuran file versi Android saat ini adalah sekitar 24,51 MB. Jika Sobat sudah memiliki aplikasi ini silakan login seperti biasa. 

Untuk dapat menggunakan aplikasi KakaoTalk di PC maka harus membuat akun email dari aplikasi di ponsel caranya adalah klik menu Pengaturan pilih menu Akun Kakao, registrasi dengan akun email yang Sobat miliki dan lakukan verifikasi email yang sudah terdaftar.

Email sudah terdaftar langkah berikutnya adalah kembali ke aplikasi KakaoTalk yang ada di PC. Silakan Sobat login dengan akun email yang sudah terdaftar sebelumnya. Masukkan email dan password, setelah itu Sobat akan mendapatkan konfirmasi kode yang dikirim ke aplikasi KakaoTalk di ponsel. 

Cari kode tersebut di menu Pangaturan, geser kebawah temukan menu KakaoTalk Desktop. Klik maka Sobat akan mendapatkan 4 kode angka untuk registrasi di desktop. 


Jika berhasil menjalankan aplikasi KakaoTalk di PC maka tampilan aplikasi tersebut seperti pada gambar dibawah ini. 


Silakan Sobat unsintal aplikasi KakaoTalk yang ada di ponsel jika memang tidak diperlukan karena aplikasi ini tetap bisa dapat digunakan di PC tanpa harus melakukan verifikasi ke aplikasi KakaoTalk di ponsel dengan syarat aplikasi di PC tidak di update. Jika Sobat mengalami kesulitan pada saat menginstal aplikasi  KakaoTalk di PC (komputer) atau masalah lainnya silakan Sobat tinggalkan komentar. 

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like