Cara Update Aplikasi Android di Luar Play Store

Wednesday, April 27, 2016
Yaris Heykers
Beberapa jenis Tablet Android tidak selalu memiliki aplikasi yang tersedia di Play Store, contohnya adalah aplikasi WhatsApp yang tidak tersedia di Tablet Android Samsung Galaxy Tab 3.8.0. Aplikasi ini dulu sempat muncul resmi di Play Store namun kini menghilang kembali. 

Satu-satunya cara untuk dapat menggunakan aplikasi WhatsApp di Tablet Android tertentu adalah dengan mendowload aplikasi tersebut di luar Play Store langsung dari Android. Caranya memang sedikit berbeda dengan download langsung dari Play Store. 

Karena beberapa aplikasi tidak tersedia di Play Store secara otomatis untuk pemberitahuan update juga tidak tersedia, dan pastinya untuk mendapatkan versi terbaru harus mencari lagi aplikasi tersebut dan download manual.  


Dalam artikel ini Saya akan menjelaskan bagaimana cara update aplikasi yang tidak tersedia di Play Store, sekaligus untuk menjawab pertanyaan yang sudah di sampaikan oleh pembaca Blog www.cara.my.id di kolom komentar. 

Saya akan mencontohkan aplikasi WhatsApp dimana aplikasi ini saat ini menang tidak tersedia di Play Store di Samsung Galaxy Tab 3. Aplikasi WhatsApp yang ada saat ini adalah versi 2.16.48 yang resmi di rilis 26 April 2016. 

Jika Sobat menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama dan ingin memperbaharui ke versi baru silakan download terlebih dahulu di menu Aplikasi pada blog ini. Jika sudah terdownload silakan instal seperti biasa maka akan muncul pemberitahuan 'Apakah Anda ingin memasang pembaharuan ke aplikasi yang ada? Data Anda yang ada tidak akan hilang. Aplikasi yang diperbharui akan mendapatkan akses ke:'. Silakan Sobat pilih SEMUA kemudian tekan Instal, aplikasi lama yang sudah di instal akan di tumpuk dengan versi terbaru. 


Contoh yang kedua adalah aplikasi BBM2, BBM3 atau BBM4. Cara ini sedikit berbeda bila dibandingkan dengan contoh pertama karena ada 2 aplikasi BBM. Aplikasi BBM utama atau BBM official sudah tersedia di Play Store, Sobat bisa langsung update dari sana. Untuk aplikasi BBM2 atau BBM3 atau BBM4 jelas tidak tersedia di Play Store. 

Pastikan terlebih dahulu jenis aplikasi BBM yang Sobat gunakan. Jika menggunakan BBM2 silakan sobat pilih aplikasi baru dari BBM2, jika menggunakan aplikasi BBM3 maka juga harus mengupdate dengan mendownload aplikasi BBM3 terbaru. 

Jika jenis BBM yang dinstal beda maka pada menu instal aplikasi tidak akan muncul pemberitahuan 'Apakah Anda ingin memasang pembaharuan ke aplikasi yang ada? Data Anda yang ada tidak akan hilang. Aplikasi yang diperbaharui akan mendapatkan akses ke:' Namun akan muncul instal BBM baru. 

Silakan Sobat update aplikasi diluar Play Store seperti tutorial di atas, jika mengalami kesulitan silakan sampaikan langsung di kolom komentar. Untuk lebih jelas silakan Sobat lihat pada video tutorial di bawah ini, pada video ini Saya contokan aplikasi WhatsApp yang memang untuk beberapa tipe Tablet Android aplikasi ini tidak tersedia di Play Store. 


All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like