Cara Menggunakan WeChat di PC atau Komputer

Tuesday, April 26, 2016
Yaris Heykers
Apliaksi yang sangat populer di Cina ini pada awalnya memang di khususkan untuk pengguna Smartphone, namun seiring waktu aplikasi ini juga dapat di akses dengan menggunakan PC. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengkases WeChat di PC yaitu cukup dengan mengakses Web sama seperti halnya WhatsApp Web dan dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu. 

Bila dibadingkan dengan aplikasi serupa seperti BeTalk atau KakaoTalk yang sangat populer di Korea, WeChat lebih maju dengan menyediakan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Untuk BeTalk sama sekali tidak di sediakan aplikasi resmi maupun web resmi untuk mengkases di PC, sementara untuk KakaoTalk masih tersedia aplikasi resmi yang dapat di instal di PC Windows maupun MAC OS X 10 Later. 

Untuk menggunakan aplikasi WeChat di PC memang tidak tersedia beberapa fitur yang terdapat di ponsel yaitu fitur Orang di Sekitar (Peopel Nearby) dan juga fitur Momen. Versi PC lebih pada murni chatting saja. Jika teman ingin mencoba menggunakan WeChat di PC silakan simak tutorial lengkapnya berikut ini.


Download Aplikasi WeChat for PC
Untuk versi PC ini di sediakan dua pilihan yaitu versi Windows dan versi Mac. Silakan sobat pilih sesuai dengan jenis PC yang digunakan. Untuk download silakan Sobat kunjungi langsung situs resminya di http://www.wechat.com/id/download.html . Cari di menu PC pilih atau klik sesuai dengan versi PC yang digunakan.

Jika sudah terinstal buka aplikasi tersebut kemudian akan muncul QR Code untuk Login. Silakan buka aplikasi WeChat di ponsel Sobat kemudian buka menu Pindai Kode QR atau Scan QR Code. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Setelah muncul menu Scan QR dekatkan ke layar PC, Scan tepat pada Kode QR pada aplikasi WeChat di PC. Tunggu hingga muncul pemberitahuan di ponsel yaitu Konfirmasi masuk Anda ke jendela WeChat, silakan Sobat tekan menu Masuk


Jika sudah berhasil maka tampilan aplikasi WeChat di PC dengan mengunakan aplikasi seperti pada gambar di bawah ini.


Menggunakan Aplikasi WeChat dengan WeChat Web.
Cara kedua ini lebih simpel dan mudah karena tidak perlu download aplikasi WeChat terlebih dahulu. Sama seperti aplikasi WhatsApp Web Sobat hanya cukup dengan membuka browser web saja yang ada di PC/komputer atau laptop. Bedanya dengan aplikasi WhatsApp Web yang hanya dapat mengakses di browser Google Chrome saja untuk WeChat web semua browser dapat menjalankan aplikasi ini.

Silakan Sobat kunjungi atau buka situs resminya di https://web.wechat.com, dengan browser apa saja sesuai yang Sobat instal di komputer. Jika sudah masuk silakan sobat login dengancara sama persisi dengan cara login via aplikasi WeChat di PC yaitu dengan scan Code QR dari aplikasi WeChat di ponsel.

Tampilan Aplikasi WeChat Web di PC

Kekurangan dari WeChat Web ini adalah jenis bahasa yang digunakan adalah bahasa Cina, namun demikian mudah mengenali jika sudah terbiasa menggunakan aplikasi WeChat di ponsel. Silakan Sobat coba gunakan aplikasi chat WeChat ini dengan menginstal atau langsung akses ke Web, jika ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar.

Gunakan Aplikasi Bluestacks
Sebelum menginstal aplikasi WeChat terlebih dahulu harus menginstal aplikasi bluestacks. Untuk lebih detail tentang aplikasi bluestacks dan cara download silakan cek lebih lengkapnya di artikel Aplikasi Bluestacks.

Dengan aplikasi bluestacks untuk menggunakan WeChat di PC atau komputer dapat berfungsi seperti halnya menggunakan ponsel dimana dapat menjalankan beberapa fitur yaitu Momen dan juga fitur Orang di sekitar. Sayangnya aplikasi bluestacks membutuhkan spec komputer tinggi dengan minimal RAM yang harus dimiliki sebesar 2 GB.

Ralat : WhatsApp Web kini juga sudah dapat di akases di browser Mozilla Firefox, untuk akses agak sedikit lambat bila dibandingkan dengan browser Google Chrome.

All New Calya

Youtube

Twitter

Facebook Like